Pertandingan ini amat berarti bagi saya, karena saya berhasil maju ke babak perempat final
New York (ANTARA News) - Petenis asal Slovakia Daniela Hantuchova maju ke putaran perempat final turnamen tenis Amerika Serikat Terbuka untuk pertama kalinya dalam satu dekade ini, setelah memenangi pertandingan yang sempat tertunda karena hujan, saat bertemu dengan petenis "wild card" Amerika Alison Riske, Senin.

Hantuchova menang 6-3 5-7 6-2 setelah berhasil mengasi tekanan Riske, yang mengalahkan juara Wimbledon 2011 Petra Kvitova dan maju ke putaran keempat turnamen Grand Slam untuk pertama kalinya.

Hantuchova baru berusia 19 tahun ketika maju ke putaran delapan besar di Flushing Meadows pada 2002 tapi sejak itu tidak pernah maju ke putaran perempat final.

Petenis yang kini berusia 30 tahun itu kelihatannya sudah hampir menang lawan Riske setelah menyelesaikan set pertama hanya dalam waktu 37 menit, kemudian memimpin 4-2 pada set kedua.

Lawannya dari Amerika itu, tujuh tahun lebih muda dari dia, mematikan servisnya dan membuat angka imbang 4-4 pada set kedua, sebelum laga dihentikan hampir lima jam karena hujan lebat dan kilat sabung-menyabung.

Ketika laga dilanjutkan, Riske bangkit lagi dan memenangi set itu, sehingga laga harus dilanjutkan pada set penentu yang ketiga.

Kini Hantuchova yang pegang peranan, ia berhasil mengamankan empat "break point" dan akhirnya memenangi set ketiga dengan angka 6-2.

"Pertandingan ini amat berarti bagi saya, karena saya berhasil maju ke babak perempat final," kata Hantuchova.

"Dalam setiap pertandingan saya selalu bermain serius. Saya tahu saya selalu tampil kurang bagus, tapi saya berusaha mengeluarkan permainan terbaik saya," katanya.

Hantuchova merupakan satu dari dua petenis yang tidak diunggulkan yang masih bertahan dalam pertandingan itu. Lawannya berikut kemungkinan pemain nomor dua dunia Victoria Azarenka atau mantan petenis nomor satu dunia Ana Ivanovic.

Pertandingan lain putaran keempat ditunda hingga Selasa karena cuaca buruk.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013