Paus Fransiskus berusaha mengubah banyak hal."
Buenos Aires (ANTARA News) - Seorang sutradara Argentina berencana mengangkat kisah hidup orang senegaranya, Paus Fransiskus yang bercerita sejak masa ia dibesarkan di Buenos Aires hingga pemilihan yang mengejutkan ketika ia menjadi pemimpin utama umat Katolik Roma, Variety melaporkan, Senin.

Alejandro Agresti (The Lake House) akan mengarahkan film berjudul "Historia de un cura" yang artinya "Dongeng Seorang Pastor".

Aktor Argentina Rodrigo de la Serna yang secara internasional dikenal atas interpretasinya sebagai rekan perjalanan Ernesto"che" Guevara dalam "the Motorcycle Diaries", akan berperan sebagai Paus Fransiskus.

"Ini lebih dari sebuah biografi singkat atas hal-hal penting yang menjadi perhatian saya, dengan menelisik lebih dalam tentang seorang tokoh tunggal, keputusannya memilih pekerjaan dan bagaimana ia menyelaraskan nasib dan alasan, sekolah Jesuit selama 14 tahun untuk menjadi rohaniwan," kata Agresti kepada Variety, lapor Reuters.

Bapa Suci umat Katolik sedunia yang pertama berasal dari Argentina -- mantan Kadinal Jorge Bergoglio -- telah mengubah gaya tidak resmi dan akrab di kepausan.

Ia masih menjadi penggemar klub bola tanah airnya San Lorenzo dan mengatakan kepada para pastor untuk memilih mobil-mobil yang lebih sederhana, dan menyampaikan agar kaum homo tidak dipinggirkan tetapi dirangkul dalam masyarakat.

"Paus Fransiskus berusaha mengubah banyak hal," kata salah seorang produser film, Pablo Bossi kepada Variety.

"Ia bisa dipandang sebagai sosok revolusioner dan menarik kaum non-Katolik juga."

Banyak yang berharap Paus dapat memulihkan mereka yang dinodai skandal dan diremehkan oleh agama pesaing maupun sekularisme dengan banyak umat Katolik yang dipandang sebagai tak tersentuh oleh nilai-nilai kontemporer.

Pengambilan gambar akan dibagi di Argentina, Jerman dan Italia, tetapi belum jelas kapan film yang memakai bahasa Spanyol dan Italia itu bisa tampil di layar perak.


Penerjemah: Maria Dian Adriana

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013