Rabu, 30 Juli 2014

BMKG parkirakan pasang air laut Babel 2,41 meter

Selasa, 3 September 2013 13:19 WIB | 1.737 Views
BMKG parkirakan pasang air laut Babel 2,41 meter
Ilustrasi-Pantai Kota Muntok, Bangka Belitung. (ANTARA News)
Pangkalpinang (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung memprakirakan tinggi pasang air laut di kawasan Bangka Belitung mencapai 2,41 meter mulai berlaku Rabu (4/9) pukul 07.00 WIB.

"Tinggi pasang air laut ini diprakirakan terjadi di Sungailiat, Kabupaten Bangka dengan cuaca berawan hingga hujan ringan dan kecepatan angin berkisar antara 5-35 kilometer per jam," ujar staf Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang Evi Diana Prihatiningsih di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, dengan kondisi cuaca dan pasang air laut tersebut diharapkan masyarakat lebih berhati-hati dalam menjalankan aktivitas di laut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan terutama bagi masyarakat yang beraktivitas di pantai dan nelayan tradisional karena bisa membahayakan keselamatan mereka," ujarnya.

Dia menambahkan, tinggi pasang air laut di Belinyu, Kabupaten Bangka berkisar 1,70 meter dan air di laut Muntok, Kabupaten Bangka Barat berkisar 1,88 meter.

Tinggi pasang air laut di Kelapa Sampit, Kabupaten Belitung Timur berkisar 1,71 meter, di Membalong, Kabupaten Belitung 2,32 meter serta pasang air laut di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung berkisar 1,53 meter.

Sementara itu, tinggi gelombang di Selat Karimata rata-rata berkisar 1,5 hingga 2,0 meter, arah dan kecepatan angin dari Timur - Selatan berkisar 10 hingga 35 kilometer per jam.

Tinggi gelombang di perairan Selat Gelasa rata-rata 1,3-2,0 meter dengan arah dan kecepatan angin dari Timur-Selatan berkisar 8 hingga 30 kilometer per jam.

Dia mengatakan, tinggi gelombang di perairan Selatan Bangka berkisar 1,3-2,0 meter dengan arah angin dari Timur-Selatan dengan kecepatan berkisar 8-30 kilometer per jam.

Tinggi gelombang di Utara Bangka berkisar 0,8-2,0 meter, dengan arah angin Timur - Selatan berkisar antara 5-30 kilometer per jam, sementara tinggi gelombang di Selat Bangka berkisar 0,5-1,3 meter dengan arah angin dari Timur-Selatan berkisar 5-28 kilometer per jam. (*)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga