Jumat, 24 Oktober 2014

Rakernas PDI Perjuangan akan putuskan figur capres

| 2.563 Views
id pdi perjuangan, rakernas, capres, jokowi, puan maharani
Rakernas PDI Perjuangan akan putuskan figur capres
Puan Maharani (ANTARA FOTO/Setwapres-Muchlis)
Dinamika politik yang berkembang di internal partai, ada yang setuju dan ada yang menolak jika Jokowi diusung sebagai calon presiden."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan rapat kerja nasional (Rakernas) PDI Perjuangan di Jakarta, 6-8 September 2013, antara lain akan memutuskan siapa figur yang akan diusung sebagai calon presiden pada pemilu presiden 2014.

"Rakernas PDI Perjuangan mengagendakan persiapan pemilu legislatif dan pemilu presiden serta menyikapi dinamika politik yang berkembang, baik di internal maupun eksternal partai," kata Puan Maharani di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Menurut Puan, cukup banyak dinamika politik yang berkembang di eksternal PDI Perjuangan, termasuk di internal partai.

Ketika ditanya apakah dalam Rakernas mendatang PDI Perjuangan akan memutuskan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan, Puan mengatakan hal itu merupakan salah satu dinamika politik yang berkembang di eksternal dan internal partai ini.

"Dinamika politik yang berkembang di internal partai, ada yang setuju dan ada yang menolak jika Jokowi diusung sebagai calon presiden," katanya.

Menurut dia, dinamika politik selalu ada, tidak mungkin selamanya selalu searah.

Puan mengakui Jokowi adalah salah satu kader PDI Perjuangan yang saat ini sangat populer, sehingga akan menjadi pertimbangan bagi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Pada Rakernas di Jakarta, 6-8 September, jika banyak aspirasi dan usulan dari para pengurus daerah dan cabang PDI Perjuangan soal Jokowi, menurut Puan, tentu akan dibahas.

"Pada Rakernas semua struktur partai akan hadir sehingga jika ada aspirasi soal figur capres tentu akan dibahas dan menjadi pertimbangan bagi ketua umum," katanya.

Anggota Komisi VI DPR RI ini menambahkan, pada Rakernas PDI Perjuangan mendatang, tentu akan ada kejutan-kejutan.

Puan menambahkan, dalam AD/ART PDI Perjuangan mengatur bahwa penetapan calon presiden merupakan kewenangan ketua umum yang diputuskan dalam forum rakernas dan atau Rapimnas. (R024/E005)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga