Jadwal pertandingan beberapa klub tanggal 4 September harus dipastikan tetap berjalan, namun hal ini terkendala dengan status tiga klub yang terhukum, ini perlu penjadwalan ulang,"
Padang (ANTARA News) - Manajemen Klub Semen Padang mengimbau klub peserta Indonesia Premier League tetap konsisten menjalani liga putaran kedua sampai selesai.

"PT LPIS sebagai pengelola liga IPL sudah mengeluarkan jadwal, dan kita mengimbau semua klub menjalani liga ini sampai akhir kompetisi,jangan ada lagi tim yang melakukan WO," kata Direktur Utama PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) Erizal Anwar di Padang, Selasa.

Dijelaskannya, keputusan pihak LPIS melanjutkan putaran kedua IPL tersebut harus diapresiasi karena ini menyangkut gengsi liga dan komitmen bersama sejak awal untuk mengikuti IPL.

Namun demikian ia juga mengimbau, pihak LPIS melakukan kajian ulang tentang jadwal tersebut, karena ini menyangkut status tiga klub yang terhukum yakni Persibo Bojonegoro, Persema Malang, dan Persija Jakarta IPL.

"Jadwal pertandingan beberapa klub tanggal 4 September harus dipastikan tetap berjalan, namun hal ini terkendala dengan status tiga klub yang terhukum, ini perlu penjadwalan ulang," katanya.

Dilihat dari jadwal IPL sebelumnya di pekan pertama, Persibo Bojonegoro harus menantang,  PSM Makasar, Persema berhadapan dengan Bontang FC dan Persija Jakarta menjamu PSLS Lhokseumawe.

"Ini harus menjadi pembahasan serius, jangan sampai jadi permasalahan dikemudian hari," jelasnya.

Erizal mengatakan, jadwal pertandingan putaran pertama yang tertunda juga harus diselesaikan, agar jangan sampai mengganggu jadwal putaran kedua.

Ia juga menyinggung tentang komitmen PT LPIS untuk memberikan sanksi bagi klub yang kelak melakukan WO, pelanggaran administratif pemain, dan pelanggaran manajemen perangkat pertandingan lainnya.

Pelanggaraan klub yang melakukan WO pertandingan sangat merugikan klub yang menjadi lawannya, selain sisi persiapan juga memberikan imbas terhadap kerugian materil yang dipersiapkan sebelumnya.

"Sanksi tegas bagi klub yang melakukan WO harus dibuat, jika ini dilaksanakan saya yakin kompetisi ini akan berjalan dengan baik," katanya.

Berdasarkan jadwal putaran kedua yang dirilis PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), Semen Padang akan memainkan tujuh laga kandang, dan delapan tandang. Sementara untuk di Piala AFC, Semen Padang memainkan dua laga perempat-final melawan East Bengal. Jika lolos ke semi-final, dua laga berat juga menunggu skuat asuhan Jafri Sastra itu.

(KR-AGP/A020)

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013