... pebisnis di Wellington tertarik dengan potensi Jawa Barat... "
Jakarta (ANTARA News) - KBRI di Wellington bekerja sama dengan New Zealand Trade and Investment (NZTE) dan BKPMD Pemda Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Forum Dialog Ekonomi dan Investasi 2013 di Wellington, Selandia Baru, pada Selasa.

Forum dialog ekonomi, perdagangan dan investasi RI-Selandia Baru ini adalah sarana yang efektif untuk meningkatkan kontak bisnis secara konkrit, kata Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Wellington PLE Priatna dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Selasa.

Selandia Baru tidak saja berminat di sektor energi panas bumi dan teknologi penerbangan tetapi juga di sektor bahan pangan, daging sapi hingga buah kiwi, kata dia.

"Para pebisnis di Wellington tertarik dengan potensi Jawa Barat. Dialog sehari ini mudah-mudah segera ditindaklanjuti secara konkrit oleh para pengusaha setempat," kata Priatna, mantan direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri.

Total perdagangan Selandia Baru dan Indonesia, menurut catatan Kementerian Perdagangan pada 2011 mencapai hingga 1,1 miliar dolar AS dengan ekspor Indonesia ke Selandia Baru pada 2012 sebesar 0.4 miliar, turun sekitar 3,46 persen dibandingkan periode sebelumnya.

Impor Selandia Baru ke Indonesia pada tahun sama mencapai sekitar 0.7 miliar atau naik sekitar 2,43 persen. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia masih menjadi pasar strategis bagi produk Selandia Baru, sehingga upaya untuk mendorong investasi Selandia Baru ke Indonesia menjadi semakin penting.

Selandia Baru memiliki total perdagangan daging sebesar 1,5 miliar dolar Selandia Baru dengan pasar utama Amerika Serikat (25 persen), China (18 persen), Inggris (12 persen), Jepang (7 persen), Jerman (6 persen), Hong Kong (3 persen) dan Indonesia (2 persen) atau sebesar 47.000 ton per tahun pada 2010.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013