Palembang (ANTARA News) - Warga Kota Palembang serta empat kabupaten dan kota Sumatera Selatan lainnya, Rabu, melakukan pemungutan suara ulang untuk memilih gubernur dan wakil gubernur provinsi setempat periode 2013-2018.

Pantauan di sejumlah permukiman Palembang, warga ibu kota provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu mulai mendatangani tempat pemungutan suara (TPS) sekitar pukul 07.30 WIB.

Dalam pilkada gubernur ini, anggota KPU Sumsel Ong Berlian mengatakan, jumlah pemilih yang tersebar di lima daerah yang ditetapkan Mahkamah Konstitusi harus melakukan pemungutan suara ulang yakni Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OK), OKU Timur, dan Kecamatan Warkuk, OKU Selatan pada pemungutan suara ulang hari ini sebanyak 2.019.181 orang.

Masyarakat di lima daerah itu yang tercatat sebagai pemilih diharapkan semuanya bisa memanfaatkan hak pilihnya dengan baik dan tidak menjadi golongan putih (golput), sehingga pasangan calon pemimpin yang terbaik harapan masyarakat bisa menjadi pemenang dalam pemungutan suara ulang ini, katanya.

Dijelaskannya, secara umum persiapan pelaksanaan pemungutan suara ulang pilkada gubernur dan wagub Sumsel memperbaiki hasil pemungutan suara sebelumnya pada 6 Juni 2013 sudah berjalan sesuai tahapan dan tidak ada-hal-hal yang perlu dikhawatirkan.

Dalam pilkada gubernur Sumsel periode 2013-2018 ada empat pasang kandidat yang siap bersaing secara sehat yakni pasangan Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung dengan nomor urut satu (1), Iskandar Hasan-Hafisz Tohir nomor urut dua (2), Herman Deru-Maphilinda nomor urut tiga (3) dan pasangan incumbent Alex Noerdin-Ishak Mekki nomor urut empat (4).

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013