Jakarta (ANTARA News) - Apple Inc diperkirakan akan memperkenalkan iPhone terbarunya dalam sebuah acara yang digelar 10 September ini.

Dalam undangan resmi yang disampaikan Selasa (Rabu WIB), menurut Reuters, Apple menulis,"Ini harus mencerahkan hari semua orang."

iPhone generasi terbaru itu kemungkinan akan lebih berwarna tidak seperti produk Apple biasanya yang hanya berwarna hitam dan putih.

Apple dilaporkan sedang fokus untuk memenangkan konsumen di Asia dimana rival seperti Samsung dan pembuat perangkat Android lainnya mendominasi.

Apple diperkirakan akan mengenalkan iPhone terbaru pada acara presentasi dan breakfast (sarapan) di kantor pusatnya di Cupertino, California.

Perusahaan tersebut tidak menjelaskan secara spesifik mengenai materi presentasi.

Tapi sumber dari rantai pasokan Apple kepada Reuters, Juni lalu mengatakan bahwa Apple kemungkinan akan meluncurkan dua model baru tahun ini--merujuk pada iPhone 5S--dengan teknologi baru fingerprint.

iPhone 5S disebut-sebut akan dibuat juga dalam versi murah dengan cangkang plastik.

Apple berencana memproduksi smartphone itu dalam lima atau enam warna, berbeda dengan model yang lebih mahal yang selama ini hanya berwarna hitam dan putih.

Analis mengatakan, Apple perlu membuat model-model yang berharga murah untuk mendorong pertumbuhan di pasar seperti China dan India, dan untuk menghadang Samsung yang mempunyai rentang produk luas dalam harga bervariasi.

Pertumbuhan di pasar Asia dilihat sebagi kunci untuk produsen-produsen smartphone. Pasar smartphone China, contohnya, diperkirakan tumbuh 48 persen tahun ini, jauh di atas pertumbuhan global yang 31 persen, menurut prediksi kalangan industri.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013