Dengan begitu, terdapat 429 calon haji Karawang yang gagal berangkat...
Karawang (ANTARA News) - Rombongan jamaah calon haji asal Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada musim haji tahun ini dibagi menjadi lima kelompok terbang, kata Kasi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Karawang Wirmo, Rabu.

"Jamaah calon haji Karawang pada tahun ini mencapai 1.714 orang. Dibagi menjadi lima kloter (kelompok terbang), yakni kloter 2, 19, 29, 36 dan kloter 40," katanya kepada Antara di Karawang.

Untuk rombongan calon haji Karawang yang masuk kloter dua sebanyak 444 orang, sebanyak 121 orang masuk kloter 19, sebanyak 290 orang di kloter 29, 444 orang masuk kloter 36 serta sisanya masuk kloter 40.

Dari lima kloter tersebut, kata dia, jamaah calon haji asal Karawang ada yang bergabung dengan jamaah calon haji asal daerah lain dalam satu kloternya.

Menurut dia, untuk jamaah calon haji yang masuk kloter 2 akan diberangkatkan pada 10 September 2013, di halaman Pemerintah Kabupaten Karawang menuju asrama haji Kota Bekasi.

"Para calon haji asal Karawang itu sudah siap diberangkatkan. Semuanya sudah menyelesaikan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, termasuk sudah merampungkan pembuatan paspor," kata dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Karawang Edy Yusuf sebelumnya mengatakan, sebanyak 1.714 calon haji asal Karawang yang akan berangkat pada tahun ini merupakan daftar calon haji yang sudah dikurangi jumlahnya sesuai dengan kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi.

Pada awalnya, kata dia, kuota jamaah calon haji Karawang itu berjumlah 2.143 orang. Tetapi karena harus dikurangi jumlahnya sebagai dampak dikeluarkannya kebijakan Pemerintah Arab Saudi, maka jumlahnya menjadi 1.714 orang.

"Dengan begitu, terdapat 429 calon haji Karawang yang gagal berangkat pada musim haji tahun ini akibat kebijakan Pemerintah Arab Saudi itu," katanya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013