Kalau dijumlahkan secara keseluruhan, baik gaji maupun transport sekitar Rp50 jutaan
Malang (ANTARA News) - Laga antara Arema dengan Pro Duta di ajang Liga Primer Indonesia (LPI) yang sedianya digelar di Stadion Gajayana Kota Malang, Senin, mulai pukul 15.00 WIB dibatalkan, karena wasit yang mempimpin pertandingan tersebut mogok.

Wasit yang mempimpin pertandingan tersebut mogok karena gaji yang menjadi hak mereka sampai saat ini belum dibayarkan oleh PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) selaku operator kompetisi LPI.

"PT LPIS selaku regulator kompetisi LPI selama ini hanya berjanji saja tanpa ada realisasi. Kami sudah lelah terus menerus menerima janji saja, sehingga kami putuskan tidak ada pertandingan, jika tidak ada gaji," tegas salah seorang wasit Winarno Bachtiar.

Winarno mengaku dirinya dan wasit lainnya sudah sepakat jika gaji tak kunjung terbayar, maka wasit akan mogok memimpin pertandingan hingga PT LPIS merealisasikan janjinya, sebab selama ini wasit harus merogoh kocek pribadi untuk berangkat ke tempat pertandingan.

Ia mengemukakan pada awal bergulirnya kompetisi LPI hak wasit selalu terpenuhi, namun sekarang wasit hanya dipaksa untuk memenuhi kewajibannya sebagai pengadil di lapangan, namun hak-hak wasit tidak diberikan.

Menurut dia, dirinya tidak menerima gaji sudah 11 pertandingan, jika ditambah dengan laga Arema yang menjamu Pro Duta berarti 12 kali. "Sampai saat ini juga belum ada konfirmasi dari pihak LPIS terkait hak-hak kami ini," katanya, menegaskan.

Menyinggung nominal gaji yang belum dibayarkan hingga saat ini, Winarno mengatakan tidak bisa menyebutkan secara rinci, karena setiap pertandingan biayanya berbeda, tergantung jauh dekatnya lokasi pertandingan.

"Kalau dijumlahkan secara keseluruhan, baik gaji maupun transport sekitar Rp50 jutaan," tandasnya.

Laga Arema yang menjamu Pro Duta di Stadion Gajayana sesuai jadwal kick off pada pukul 15.WIB. Pemain kedua tim sudah datang di stadion dan melakukan pemanasan, namun akhirnya berganti pakaian lagi, sebab jika dipaksakan bertanding malam hari, lampu stadion juga tidak memungkinkan, apalagi hingga menjelang pertandingan dimulai daftar susunan pemain kedua tim juga belum ada.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013