ILC - NLC 2013 diikuti oleh 100 mahasiswa terbaik seluruh Indonesia dan 30 mahasiswa berprestasi dari Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand,"
Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) menggelar kegiatan tahunan Indonesia Leadership Camp Nusantara Leadership Camp (ILC-NLC) 2013 yang akan berlangsung selama 5 hari (4 - 8 September 2013) di lingkungan kampus UI Depok. 

"ILC - NLC 2013 diikuti oleh 100 mahasiswa terbaik seluruh Indonesia dan 30 mahasiswa berprestasi dari Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand," kata Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia (UI) Farida Haryoko di Depok, Rabu.

Ia mengatakan pelaksanaan ILC pada tahun ini merupakan hasil kolaborasi Direktorat Kemahasiswaan UI, Institute of Leadership Development (ILeaD) UI dan Sekretariat Transformasi Serantau (STS) Malaysia.

Dikatakannya untuk memperluas jaringan terutama dengan negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, ILC melakukan ekspansi lingkup kepesertaan dimana tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Indonesia yang lolos seleksi (CV,Esai dan proposal project) tetapi juga diikuti oleh mahasiswa berpretasi dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand.

Menurut dia rangkaian kegiatan ILC - NCL 2013 di antaranya Seminar Nusantara "Refleksi Sejarah dan Kepemimpinan Nusantara"; Softside Leadership Development Training Think and Act, Talkshow Nasional and Global Challenges in Todays World (dihadiri oleh Mohd Ezam Nor - Senator Malaysia, Dr. Shofwan Albana Choiruzzad dan Agus Martowardjojo - Gubernur BI).

Selain itu ada juga Kenduri Nusantara "Harapan untuk Para Pemimpin Masa Depan" (Ramah tamah dengan tokoh pemimpin legendaris Yohannes Surya - Ilmuan dan Tokoh Pendidikan, Dato` Sri Ahmad Shabery Cheek - Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Dr. M. Sohibul Iman - Wakil Ketua DPR RI dan Dr. Anies Baswedan - Aktivis Pendidikan) Seminar Pembangunan Karakter Melalui Kecerdasan Emosional dan Spiritual dan Presentasi Proposal Sustainable Social Entrepreneurship and Social Project.

Lebih lanjut Farida mengatakan ditengah krisis kepemimpinan yang melanda hampir diseluruh aspek kehidupan, UI berkomitmen mempersiapkan bibit-bibit unggul muda Indonesia untuk menjadi pemimpin bangsa dan pemimpin dunia di masa depan yang memiliki warna Indonesia.

ILC merupakan program tahunan berbasis leadership training sebagai bagian dari Indonesia Leadership Development Program (ILDP) - sekarang berubah nama menjadi Institute of Leadership Development (ILeaD) - yang bernaung dibawah Direktorat Kemahasiswaan UI, namun sejak awal 2013 ILeaD menjadi organisasi mandiri.

Diharapkan melalui kegiatan ini, para mahasiswa dapat menyalurkan sumbangsihnya bagi pembangunan berkelanjutan bangsa dari lingkup terkecil yang dapat mereka jangkau serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata ketika kembali ke daerah masing-masing.

(F006/B012)

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013