Tidak ada lagi pengurangan ataupun penambahan atlet. Kita saat ini juga sedang fokus membahas pembentukan tim inti demi meraih hasil maksimal di SEA Games Myanmar,"
Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 56 pedayung terbaik Indonesia akan memperkuat tim Merah-Putih menghadapi SEA Games Myanmar, Desember 2013.

Manager Pelatnas Dayung Young Mardinal, saat dihubungi dari Makassar, Jumat, mengatakan 56 atlet tersebut terdiri dari 30 pedayung putra dan 26 pedayung putri. Seluruh atlet akan tampil pada tiga cabang yakni canoing, rowing, serta perahu naga.

"Tidak ada lagi pengurangan ataupun penambahan atlet. Kita saat ini juga sedang fokus membahas pembentukan tim inti demi meraih hasil maksimal di SEA Games Myanmar," jelasnya.

Untuk komposisi atlet di SEA Games 2013, kata dia, akan segera ditetapkan sebelum penyetoran atlet status by name yang akan berakhir 15 September 2013. Pihaknya juga memastikan ada sejumlah atlet yang dipersiapkan tampil pada beberapa nomor pertandingan.

"Soal pedayung mana saja yang kita turunkan pada tiga cabang itu akan ditetapkan sebelum batas entry by name berakhir," ujarnya.

Pedayung nasional asal Sulsel Anwar Tarra, mengakui belum mengetahui berapa nomor yang akan diikuti pada SEA Games 2013. Namun dari beberapa kejuaraan dunia yang telah diikuti, dirinya dipercaya tampil pada tiga nomor kano individual dan double 200m, 500m dan 1.000meter.

Peraih emas SEA Games 2011 itu juga menyerahkan keputusan tersebut pada tim pelatih. Satu hal yang paenting bahwa dirinya akan berupaya mengeluarkan kemampuan terbaik demi mempersembahkan prestasi maksimal bagi timnas Indonesia.

"Jika dipercaya mengikuti tiga nomor kita sebagai atlet tentu harus siap. Saya juga berharap hasil ujicoba dibeberapa kejuaraan bisa membuat peluang merebut medali semakin terbuka," katanya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, juga berharap seluruh atlet khususnya Anwar bisa mempertahankan prestasinya sebagai peraih medali emas di SEA Games 2011.

Pada SEA Games 2011, tim dayung Indonesia sukses merebut sembilan medali emas yakni enam emas dari nomor canoeing dan tiga emas dari nomor rowing. Timnas Indonesia hanya gagal meraih emas pada cabang perahu naga setelah dikalahkan tim Myanmar.

(KR-AKR/A020)

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013