Monza (ANTARA News) - Sebastian Vettel mencatat waktu tercepat dengan mengungguli Mark Webber ketika Red Bull mendominasi latihan bebas sesi kedua untuk Grand Pirx Italia yang akan berlangsung pada akhir pekan ini.

Juara dunia tiga kali itu merupakan yang tercepat dan mencatatkan waktu lap terbaik yakni satu menit 24,453 detik di Monza, membuat pebalap Jerman itu unggul enam per sepuluh detik atas pebalap tercepat peringkat kedua, lapor AFP.

Pebalap Australia Webber berada di peringkat kedua dengan mengungguli pebalap Finlandia Kimi Raikkonen dan rekan setimnya di Lotus, Romain Grosjean asal Prancis, di mana pebalap Spanyol Fernando Alonso menduduki urutan kelima dan pebalap Inggris Raya Lewis Hamilton berada di urutan keenam dengan Mercedesnya.

Hamilton menjadi yang tercepat pada sesi pembuka di pagi hari, mengungguli Alonso, namun kedua pebalap itu tidak dapat memberikan ancaman serius pada sesi sore ketika dua pebalap Red Bull memperlihatkan penampilan menawan dengan mencatatkan kecepatan yang konsisten di Autodrome Nazionale.

Rekan setim Hamilton di Mercedes, Nico Rosberg asal Jerman, berada di urutan ketujuh di depan Felipe Massa asal Brazil pada Ferrari kedua, dan dua pebalap McLarens yang memperlihatkan kemajuan Jenson Button asal Inggris dan Sergio Perez asal Meksiko.

Pada sore yang terik di bekas taman kerajaan di utara Milan, suhu udara tercatat pada 30 derajat Celcius, dan suhu di trek adalah 44 derajat Celcius, kombinasi yang memastikan ban-ban akan cepat panas di bawah langit biru yang jernih.

Penampilan juara bertahan Vettel merupakan pukulan bagi para rivalnya, ketika ia menggenggam keunggulan di klasemen pebalap dengan 197 angka atas Alonso (151 angka) dan Hamilton (139 angka).


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013