Kamis, 18 Desember 2014

Jateng juara umum OSN tingkat SMA

| 9.522 Views
id olimpiade sains nasional, OSN tingkat SMA, Jawa Tengan, juara OSN
Jateng juara umum OSN tingkat SMA
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan Musliar Kasim (tengah) didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (kedua kiri), bermain angklung ketika membuka secara resmi Olimpiade Sains Nasional (OSN) XII 2013 di Sabuga, Bandung, Jabar, Selasa (3/9). OSN 2013 merupakan ajang tahunan kompetisi sains murni dan terapan ilmu pengetahuan yang diikuti 3.600 ribu partisipan dari seluruh daerah Indonesia. (ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra)
Jateng memastikan menjadi pemuncak OSN XII/2013 setelah meraih 26 medali emas, 36 perak dan 44 perunggu.
Bandung (ANTARA News) - Tim Jawa Tengah (Jateng) menjadi juara umum pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) XII/2013 tingkat SMA yang digelar di Bandung, 2-7 September 2013.

Jateng memastikan menjadi pemuncak OSN XII/2013 setelah meraih 26 medali emas, 36 perak dan 44 perunggu. Hasil ini jauh melampaui peringkat kedua yaitu tim DKI Jakarta dan tuan rumah Jawa Barat, yang harus puas di posisi ketiga.

Dengan hasil tersebut, tim Jateng mempertahankan gelar juara umum OSN yang telah diraihnya tahun lalu.

Sebelum ini, kontingen Jawa Tengah juga sukses menyabet sekaligus mempertahankan juara umum OSN 2013 tingkat SMP yang digelar di Batam, 15-21 Mei 2013.

"Jateng sudah tiga kali juara berturut-turut. Nanti kita pelajari, mereka punya role model pembinaan yang perlu kita ikuti," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Wahyudin Zarkasih.

Pelaksanaan OSN XII/2013 digelar di Bandung sejak 2 September 2013 yang dibuka di Sasana Budaya Ganesha Kota Bandung.

Peserta yang merupakan pemenang OSN tingkat SMA di provinsi masing-masing itu bersaing pada bidang studi Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, dan Geografi.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Barat H Deddy Mizwar yang turut hadir pada acara pengumuman OSN XII/2013 di Sabuga ITB Jalan Tamansari, Kota Bandung, menyatakan prestasi kontingen Jabar di ajang OSN harus terus ditingkatkan.

"Saya pikir kalau seperti ini sudah ada peningkatan prestasi, kita harus tingkatkan," kata Deddy Mizwar.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga