...dijual bervariasi antara Rp30.000 hingga Rp38.000 per kilogramnya.
Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Setelah sempat meroket, harga bawang merah di pasar-pasar di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, turun tajam.

"Baru sekarang berani beli satu kilogram karena harganya sudah turun. Kalau saat harga naik dulu, paling banyak beli setengah kilogram, bahkan terkadang cuma seperempat kilogram," kata Nana, salah seorang pembeli di Pasar Keramat Sampit, Minggu.

Hasil pantauan ANTARA di lapangan, harga bawang merah dijual bervariasi antara Rp30.000 hingga Rp38.000 per kilogramnya. Pedagang menetapkan harga berbeda-beda karena tergantung ukuran dan kondisi bawang.

Penurunan harga ini cukup signifikan karena sebelumnya harga bawang merah sempat melonjak hingga Rp70.000 per kilogram pada saat Ramadhan lalu. Saat itu harga naik tajam karena permintaan meningkat, sementara pasokan dari Jawa berkurang dibanding biasanya.

Bawang putih juga mengalami penurunan harga yang lumayan. Jika sebelumnya bawang putih dijual rata-rata Rp20.000 per kilogram, hari ini harganya berkisar Rp14.000 hingga Rp18.000.

Mariati, salah seorang pedagang, mengakui harga bawang saat ini memang mengalami penurunan cukup signifikan. Dia menduga pasokan bawang melimpah sehingga harganya mengalami penurunan.

Pewarta: Norjani
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013