New York (ANTARA News) - Gaya busana untuk musim panas 2014 akan didominasi kesederhanaan warna hitam dan putih. Kedua warna ini dapat berupa monokrom yang elegan atau perbauran klasik dan modern.

Peragaan busana dari perancang Victoria Beckham Minggu waktu AS pada New York Fashion Week menegaskan dominasi hitam dan putih itu, dengan citra tampilan yang sporty.

Beberapa rancangan Victoria bahkan hadir dengan dominasi semua hitam atau semua putih, dan demi menggambarkan koleksi rancangannya ini, Victoria berungkap, "unsur tomboy versus rasa kefeminenan."

Sedangkan Yigal Azrouel menampilkan koleksi yang juga berciri utama hitam, putih, krem dan abu-abu. Beberapa diantaranya warna tunggal, beberapa lainnya paduan semua warna itu.

Di antara koleksinya itu adalah sesetel gaun, jumpsuit, jaket dan kulot dengan sutra putih berpola dahan pohon berwarna hitam.

"Minimalisme berkuasa dalam pola hitam, putih, dan bayang abu-abu," kata perancang asal  New York ini seperti dikutip Reuters.

Hitam dan putih juga mendominasi busana rancangan Yohji Yamamoto. Demikian pula busana hasil rancangan desainer Spanyol Delpozo yang banyak ditunggu khalayak fesyen.

Perancang Italia yang asli Florence, Sofia Sizzi, juga memamerkan kepekatan hitam dan putih pada koleksi busananya yang diakuinya diilhami dari hitam dan putih gereja-gereja dan piaza-piaza di Florence.

"Ide ini muncul dari jalan-jalan di sepanjang kota," kata dia. "Anda bisa mendapat semua unsur ini dari gedung-gedung dan bayang-bayang bangunan."

Sizzi menaruh aksentuasi hitam dan putih klasik dengan biru floral yang dipadukannya dengan gaun merah menyala.

Hitam dan putih juga menjadi kecenderungan pola busana Alexandre Herchcovitch yang  yang populer berkat Lady Gaga, namun dia membaurkan hitam dan putih dengan ungu.

Dominasi dua warna itu juga menjadi pilihan Tracy Reese yang adalah salah seorang perancang favorit Michelle Obama, tetapi dia mengawinkannya dengan sisipan maxi.

New York Fashion Week berakhir Kamis nanti, disusul dengan gelaran serupa di London, Paris, dan Milan, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013