Anda tidak dapat memenangi pertandingan dengan hanya mengandalkan sikap hati-hati. Anda memperoleh kemenangan hanya dengan kerja keras dan kesungguhan hati
Kiev (ANTARA News) - Panas! Belum-belum tensi sudah meninggi jelang duel antara Ukraina dengan Inggris. Tiga orang fans dari negeri Ratu Elisabeth itu kini dirawat di sebuah rumah sakit setempat karena diserang oleh 30 pria yang menghunus belati.

Ukraina akan menjamu Inggris dalam lanjutan kualifikasi Grup H, Piala Dunia 2014, yang digelar di Stadion Olympiskiy, Kiev, Rabu dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh sebuah stasuin televisi swasta nasional.

Aksi kekerasan yang menimpa fans Inggris itu terjadi di Ukraina, sebagaimana dikutip dari harian Daily Mail dan Daily Mirror.

Satu orang mengalami luka tikaman, dua lainnya mengalami luka di kepala. Ketiga orang itu diserang sesudah menyambangi kedai kopi di Kiev.

Lebih lanjut harian Mail menulis bahwa 30 orang itu terindikasi sebagai perusuh asal Ukraina. Puluhan preman itu serta merta merangsek fans Inggris selama kurang lebih lima menit.

Para perusuh lari kocar-kacir ketika aparat keamanan setempat datang melakukan pengamanan. Ketiga fans Inggris yang menjadi korban dari amuk preman Ukraina itu kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat untuk menjalani perawatan medis.

Juru bicara kantor kemlu Inggris, lewat harian Daily Mail berkomentar, "Kami menyadari bahwa insiden di Kiev itu melibatkan warga negara Inggris. Kami sedang berusaha memberikan dukungan konsuler bagi mereka."

Skuad "Three Lions" asuhan pelatih Roy Hodgson berada di Kiev menjalankan satu misi yakni membidik kemenangan melawan skuad Ukraina yang berjuluk "The Yellow Blues".

Bara optimisme dikobarkan oleh penggawa Inggris Frank Lampard dengan menegaskan bahwa mereka harus menang, sebagaimana dikutip dari Daily Star.

Pasukan Hodgson wajib mendulang kemenangan jika ingin tetap menghirup oksigen putaran final Piala Dunia 2014 di  Brasil.

Jika Inggris keok, posisi mereka di puncak klasemen Grup H akan digeser Ukraina. Inggris kini menghimpun 15 poin, sama dengan Montenegro, sementara Ukraina menempati posisi ketiga dengan memperoleh 14 poin.

Inggris bersiap menghadapi perlawanan alot Ukraina. Sebelumnya, Inggris menang 4-0 atas Moldova lewat gol yang diciptakan Steven Gerrard, Danny Welbeck dan Rickie Lambert.

Ketika merespons insiden di Kiev, badan sepak bola Inggris (FA) belum melansir pernyataan resmi.

Inggris mengalami paceklik barisan depan. Daniel Sturridge, Wayne Rooney dan Andy Caroll mengalami cedera, sementara Welbeck juga absen karena terkena akumulasi kartu.

Striker Liverpool itu mengalami cedera otot ketika membela timnya menundukkan Manchester United pada laga Minggu pekan lalu.  Pemain berusia 24 tahun ini telah mengoleksi 17 gol dalam 22 pertandingan.

Ricki Lambert dan Jermain Defoe besar kemungkinan mengisi posisi lowong di lini depan timnas Inggris. Ketika mengomentari situasi yang kini dihadapi tim asuhannya, Hodgson mengatakan, "Situasinya serius, setelah kehilangan dua pemain depan berkualitas."

Menurut catatan FIFA, Ukraina kini berada di peringkat 28, sementara Inggris bertengger di peringkat 15 dunia.

Komentar dua pelatih:

Mikhail Fomenko (Ukraina):
"Kami tidak rendah diri menghadapi mereka, karena itu kami akan bertanding dan menang. Kami unggul dalam kecepatan dan kekuatan, serta siap menekan lawan."

"Tidak diragukan bahwa pertandingan melawan Inggris akan berlangsung sengit, karena mereka menjadi salah satu tim elite di Eropa. Kami tetap tenang menghadapi mereka."

Roy Hodgson (Inggris):
"Saya tidak mengatakan bahwa kami kini menghadapi situasi menggembirakan, dengan absennya Wayne Rooney, dan Danny Welbeck, serta Daniel Sturridge, meskipun saya yakin bahwa para pemain berusaha tampil maksimal. Mereka selama ini dikenal sebagai pemain yang mampu tampil konsisten."

"Yang penting bahwa tim Inggris tidak mengalami kekurangan pemain berkualitas. Ketiga pemain itu memang pemain berkualitas. Mereka bangga membela Inggris, khususnya ketika bertanding di Kiev. Ini menjadi contoh hebat bagi para pemain muda."

Prakiraan susunan pemain:
Ukraina (4-4-2):
Pyatov (penjaga gawang), Shevchuk, Rakitskiy, Khacheridi, Fedetsky, Konoplyanka, Edmar, Tymoshchuk, Yarmolenko, Seleznyov, Devic
Pemain cadangan:
Koval, Khomchenovsky, Bezus, Khudzhamov, Grechyshkin, Mandzyuk, Rotan, Morozyuk, Dedechko, Kucher, Kovpak, Husyev

Inggris (4-3-3):
Hart (penjaga gawang), Walker, Cahill, Jagielka, Cole, Wilshere, Lampard, Gerrard, Walcott, Lambert, Milner
Pemain cadangan:
Ruddy, Smalling, Baines, Townsend, Barkley, Defoe, Carrick, Cleverly, Sterling, Young, Foster

Duel pemain andalan kedua tim:

Yevhen Konoplyanka vs. Kyle Walker:
Fans Inggris ingat benar dengan gol yang dilesakkan Yevhen Konoplyanka ketika Ukraina menahan imbang 1-1 di Stadion Wembley pada September lalu.

Sebagai pemain sayap, Konoplyanka merepotkan Glen Johnson. Pergerakannya demikian cepat dan ia mengandalkan tembakan-tembakan keras. Kyle Walker siap menghadang pemain Ukraina ini. Pemain bertahan asal Spurs siap berduel satu lawan satu, jika memang Theo Walcott tampil lamban.

Inggris diprediksi memperkokoh lini pertahanan, meski Walker kerapkali cenderung membantu serangan. Konsentrasi Inggris salah satunya terkonsentrasi kepada pergerakan Konoplyanka.

Rickie Lambert vs. Yaroslav Rakitskiy:
Kesiapan Rickie Lambert salah satunya menentukan ketajaman lini depan Inggris. Ia pernah masuk dalam daftar pemain depan yang mengalami cedera. Lini depan Inggris disebut-sebut kurang tajam.

Bertanding di Kiev, tim tuan rumah siap mengumandangkan atmosfer yang mengintimidasi Inggris. Penampilan Lambert menjadi krusial, kalau memang ia mampu menanggulangi kawalan bek tengah Ukraina,Yaroslav Rakitskiy.

Inggris juga perlu mewaspadai Anatoliy Tymoshchuk yang punya kemampuan penguasaan bola mumpuni. Walcott dan Jack Wilshere diharapkan tampil beringas.         

Joe Hart vs. barisan depan Ukraina:
Para penyerang Ukraina bermodal kepercayaan diri penuh. Mereka siap melepas tembakan keras bertubi-tubi ke gawang Inggris yang dikawal Hart.

Penampilan Hart belakangan ini menuai tanda tanya. Sejumlah pengamat sepak bola mempertanyakan kesiapan Hart membela timnas Inggris dan klubnya.

Hart diharapkan tampil konsisten dengan grafik terbaik. Barisan depan Ukraina siap memanfaatkan situasi kebatinan dari Hart.

Prediksi hasil laga (Goal.com)

* Ukraina 1-2 Inggris (19,71 persen)
* Ukraina 2-1 Inggris (11,09 persen)
* Ukraina 0-2 Inggris (  9,86 persen)

Head to Head
Kualifikasi Piala Dunia - Eropa (WCQE)
12-Sep-2012     Inggris 1 - Ukraina 1     

Euro 2012 ‎(EC)
20-Jun-2012     Inggris 1 - Ukraina 0     

Kualifikasi Piala Dunia - Eropa (WCQE)
10-Oct-2009     Ukraina 1 - Inggris 0     
02-Apr-2009     Inggris  2 - Ukraina 1     

Lima laga terakhir:    

Ukraina
06-Sep-2013    Ukraina 9 - San Marino 0  WCQE
14-Aug-2013    Ukraina 2 - Israel 0    FR
08-Jun-2013    Montenegro 0 - Ukraina 4  WCQE
02-Jun-2013    Ukraina 0 - Kamerun 0      FR
27-Mar-2013    Ukrain 2 - Moldova 1     WCQE

Inggris
07-Sep-2013    Inggris 4 - Moldova 0  WCQE
15-Aug-2013    Inggris 3 - Skotlandia 2  FR
03-Jun-2013    Brasil 2 - Inggris 2    FR
30-May-2013    Inggris 1 - Irlandia 1    FR
27-Mar-2013    Montenegro 1 - Inggris 1  WCQE

Narasi prediksi:
* Peran Milner "menjadi kunci" bagi penampilan Inggris melawan Ukraina. Beban bertambah bagi kubu Three Lions karena Andros Townsend dan Raheem Sterling belum banyak bergulat bersama timnas. Penampilan Milner di lini sayap jauh dari apik.
* Hodgson siap ngotot meraih kemenangan di Kiev. Setiap pemain Inggris dipompa dengan segudang motivasi agar mampu mengalahkan Ukraina.
* Hodgson menegaskan, "Ukraina tim yang tampil bagus. Kedua tim berpeluang menang, karena pertandingan ini sungguh menentukan. Anda tidak dapat memenangi pertandingan dengan hanya mengandalkan sikap hati-hati. Anda memperoleh kemenangan hanya dengan kerja keras dan kesungguhan hati"

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Ukraina: 1
Inggris: 2 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013