Pontianak (ANTARA News) - Sharp telah mengoperasikan pabrik barunya di Karawang International Industrial City (KIIC) yang dibangunnya dengan biaya sekitar Rp1,2 triliun.

Pabrik baru yang dioperasikan mulai awal September 2013 itu akan meningkatkan kapasitas produksi Sharp 2,5 kali lipat dibanding sebelumnya, kata PT Sharp Electronics Indonesia dalam siaran persnya, Senin.

Fasilitas produksi yang dibangun di atas areal seluas 31 hektare tersebut khusus memproduksi peralatan rumah tangga, dengan produksi pertama mesin cuci dan akan menyusul lemari es mulai Oktober mendatang.

Salah satu tujuan pembangunan pabrik itu untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan pasar terhadap produk mesin cuci dan lemari es di Indonesia yang akan terus tumbuh antara 15 persen sampai 20 persen setiap tahunnya.

Kapasitas produksi untuk lemari es atau kulkas ditargetkan 220 ribu unit per bulan dan mesin cuci 140 ribu unit per bulan.

Sharp Corporation di Jepang pada Mei lalu mengumumkan bahwa ekspansi bisnis di luar negeri terutama di negara-negara ASEAN merupakan salah satu rencana terpentingnya.

Dengan dioperasikannya pabrik di Karawang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi laju ekspansi bisnis Sharp di ASEAN.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013