Seoul (ANTARA News) - Korea Utara dan Korea Selatan Rabu sepakat membuka kembali kawasan industri bersama Kaesong pekan depan setelah lima bulan ditutup selama meningkatnya ketegangan militer.

Setelah perundingan maraton, kedua pihak menetapkan 16 September untuk memulai kembali membuka kompleks itu, kata Kementerian Unifikasi Korea Selatan seperti dikutip AFP.

Perusahaan-perusahaan Korea Selatan di Kaesong, yang terletak 10 kilometer di perbatasan di Korea Utara, akan diizinkan melanjutkan beroperasi setelah pengadilan membolehkannya Senin.

Kesepakatan itu terjadi pada putaran kedua pembicaraan kedua Korea di komite bersama Kaesong yang baru dibentuk yang dimulai Selasa pagi dan berlangsung sepanjang malam.

Kaesong didirikan pada 2004 sebagai simbol langka kerjasama antar-Korea, lalu telah memberikan sumber devisa penting Korea Utara yang miskin melalui pajak, pendapatan-pendapatan lainnya, dan pemotongan upah pekerja.

Tetapi akhirnya menjadi korban dua bulan ketegangan militer yang serius menyusul uji coba nuklir Korea Utara Februari silam.

Bulan lalu, kedua Korea setuju bekerja bersama-sama melanjutkan operasi di zona tersebut.

(H-AK/M007)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013