Total ada 315 orang miliarder dolar di negara itu, naik dari 64 orang pada tahun lalu.
Beijing (ANTARA News) - Jumlah miliarder di China telah melampaui 300 orang untuk pertama kalinya, sebuah pemeringkatan kekayaan tahunan di ekonomi terbesar kedua dunia itu diumumkan Rabu.

Laporan Hurun, penerbit majalah mewah, menyebut konglomerat properti Wang Jianlin sebagai orang terkaya baru di China karena ia memiliki lebih dari dua kali lipat hartanya menjadi 22 miliar dolar AS.

Total ada 315 orang miliarder dolar di negara itu, naik dari 64 orang pada tahun lalu.

Rata-rata kekayaan 1.000 orang kaya teratas mencapai 1,04 miliar dolar AS -- lebih dari dua kali lipat kekayaan mereka sebesar 440 juta dolar AS selama krisis keuangan global lima tahun lalu.

Tetapi beberapa di antaranya dirundung skandal.

Tiga dari 10 orang terkaya tahun lalu di Chengdu, ibukota Provinsi Sichuan, telah ditahan di tengah penumpasan korupsi di provinsi itu.

Dua orang lainnya dalam daftar itu berada dalam penjara, sementara Xu Ming, yang bergabung tahun ini di nomor 676 dengan kekayaan 490 juta dolar AS adalah saksi kunci terhadap Bo Xilai pada bulan lalu dalam persidangan korupsi politik terbesar China dalam beberapa dasawarsa.

Menurut transkrip pengadilan, Xu mengatakan ia memberi mantan politisi senior itu 21 juta yuan (3,4juta dolar AS) sebagai suap, termasuk membeli villa di resor Cannes, Prancis, untuk istri Bo.

Pengusaha real estat wanita yang baru-baru ini bercerai, Wu Yajun jatuh dari peringkat kedelapan menjadi berada di urutan ke-22 dan kekayaannya turun hampir seperempat menjadi 4,6 miliar dolar AS setelah dia memberi mantan suaminya tiga miliar dolar AS -- mendorong dia masuk ke dalam 50 besar orang terkaya.

Hurun menyebut transaksi tersebut merupakan "penyelesaian perceraian paling mahal dari istri kepada suaminya".

Real estat adalah sumber terbesar kekayaan para miliarder dolar China, yang dipimpin oleh Wang, yang konglomerat Wanda Group miliknya baru-baru ini juga mengakuisisi jaringan bioskop AS AMC Entertainment dan pembangun kapal pesiar mewah Inggris.

Tetapi Lei Jun pemilik pembuat ponsel Xiaomi naik tercepat dalam peringkat 2013 setelah kekayaannya melonjak tujuh kali lipat menjadi 2,6 miliar dolar AS.
(A026)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013