London (ANTARA News) - Kimi Raikkonen akan memperkuat kembali tim elite Ferrari, dan ini adalah fakta-fakta megenai pebalap Formula Satu yang baru saja mengikat kontrak berumur dua tahun bersama Ferrari hari ini, dikutip dari Reuters.

- Usia: 33 tahun (lahir 17 Oktober 1979 di Espoo, Finlandia)
 
- Mulai sebagai pebalap go-kart pada usia 11 dan memasuki seri Formula Renault Inggris pada 1999. Dia menjadi juara setahun kemudian dengan tujuh kali menjadi juara dalam 10 balapan yang diikutinya.

- Sauber mengontraknya sampai akhir 2000, kendati dia tidak berpengalaman. Max Mosley yang kemudian menjadi Presiden FIA, adalah salah seorang yang meragukannya.
 
- Raikkonen mencetak satu poin pada debutnya di GP Australia tahun 2001. Sampai akhir musim itu dia mencetak sembilan poin dan kemudian dikontrak McLaren untuk menggantikan sejawatnya dari negera sama, Mika Hakkinen.
 
- Dijuluki "Manusia Es" oleh bos tim McLaren Ron Dennis karena ketenangannya menghadapi tekanan, dia mendesak pebalap Ferrari Michael Schumacher pada 2003 namun terlempar dari kejuaraan dengan mengemas dua poin. Dia kini memiiki tato bertuliskan 'Iceman' pada lengannya.

- Pebalap Finlandia ini menjadi  runner-up di belakang Fernando Alonso dari Renault pada 2005, memenangi tujuh balapan dari lawannya yang asal Spanyol itu. Pada 10 September 2006, Ferrari mengumumkan dia dikontrak untuk menggantikan juara dunia tujuh kali Michael Schumacher.
 
- Juara dunia pada 2007 dengan menyisihkan Hamilton dan Alonso dengan satu poin setelah memenangi tiga dari empat balapan terakhir dengan pembalikan yang mengagumkan.
 
- Ketiga pada kejuaraan dunia 2008 dan ada dalam bayang-bayang rekan setimnya Felipe Massa. Pada akhir 2009, setelah menjuarai satu balapan, dia mengakhiri kontraknya dan digantikan oleh Alonso.  Pebalap Finlandia ini kemudian menghabiskan dua tahun berikutnya dalam reli dunia dan NASCAR.
 
- Kembali ke F1 bersama Lotus pada 2012 dan menciptakan impresi instan, dengan mencatat posisi ketiga di keseluruhan balapan. Sampai GP Belgia tahun ini, dia telah menciptakan rekor 27 balapan. Raikkonen juga memenangi balapan pembuka musim 2013 di Australia.

- 11 September ini  Ferrari mengumumkan kembalinya Raikkonen sebagai pengganti pebalap Brazil Felipe Massa.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013