Saya tidak mencapai tujuan yang telah kami canangkan..."
Praha (ANTARA News) - Pelatih tim nasional Republik Ceko Michal Bilek mengundurkan diri dari posisinya menyusul kekalahan 1-2 yang diderita timnya dari Italia pada kualifikasi Piala Dunia, yang menutup peluang negara itu untuk mencapai putaran final tahun depan di Brazil.

Ceko melalui kualifikasi Piala Dunia dengan buruk di bawah asuhan Bilek, di mana mereka hanya mampu mengalahkan Malta dan Armenia saat mereka kesulitan mencetak gol pada sebagian besar pertandingan Grup B mereka.

"Saya tidak mencapai tujuan yang telah kami canangkan dan... saya menawarkan pengunduran diri," demikian pernyataan Bilek yang dilansir Reuters.

Bilek tidak pernah populer di kalangan para penggemar akibat serangkaian hasil yang tidak meyakinkan dan taktik-taktik konservatif, namun ia sempat meraih kesuksesan saat membawa Ceko ke perempat final Piala Eropa 2012 di Polandia dan Ukraina.

Mantan gelandang, yang mencetak 11 gol dari 35 pertandingan internasional dan sempat bermain pada Piala Dunia 1990, menduduki posisi tersebut empat tahun silam setelah Ceko gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2010.

Meski sempat terdapat beberapa masalah awal, Bilek memastikan Ceko menjaga rekor mereka lolos ke setiap Piala Eropa sejak Republik Ceko dan Slovakia berpisah pada 1993.

Pada pertandingan Selasa melawan Italia di Turin, mereka sempat terlihat mampu membuang semua keraguan dan menjaga harapan Piala Dunia tetap hidup setelah unggul 1-0 menjelang babak kedua.

Bagaimanapun, dua gol dalam rentang waktu tiga menit memastikan tiket kualifikasi untuk tuan rumah dan membuat Ceko tertinggal empat angka dari Bulgaria, yang mengambil alih peringkat kedua di klasemen grup.

Mengumpulkan sembilan angka dari delapan pertandingan, Ceko harus memenangi dua pertandingan terakhirnya saat mereka melawat ke Malta dan Bulgaria untuk menjaga peluang mengamankan tiket "play-off" dengan menuntaskan fase kualifikasi di peringkat kedua.

Federasi sepak bola Ceko mengindikasikan bahwa pihaknya akan memilih salah satu asisten Bilek untuk memimpin tim pada dua pertandingan kualifikasi yang tersisa, sebelum menunjuk pelatih permanen.

(H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013