Praha (ANTARA News) - Radek Stepanek yang memperkuat tim juara bertahan Republik Ceko akan menghadapi petenis Argentina Juan Monaco pada pertandingan pertama semifinal Piala Davis di Praha, Jumat (13/9).

Stepanek, petenis peringkat 61 dunia dan petenis nomor dua Ceko, akan menghadapi petenis nomor satu Argentina yang menempati peringkat 30 dunia Monaco dalam pertandingan yang digelar di O2 Arena, Praha.

Setelah pertandingan tersebut, petenis peringkat lima dunia Tomas Berdych akan menghadapi petenis peringkat 93 dunia Leonardo Mayer di lapangan keras yang sangat cepat, tempat Ceko memenangi final tahun lalu melawan Spanyol.

Pada Sabtu, petenis Republik Ceko Jiri Vesely dan Lukas Rosol dijadwalkan menghadapi pasangan Argentina Horacio Zeballos dan Carlos Berlocq.

Tapi Ceko kemungkinan akan mengubah pasangan ganda mereka dan mengandalkan Berdych dan Stepanek, yang sejauh ini baru menelan satu kekalahan dari 13 penampilan mereka pada nomor ganda di Piala Davis sejak dipasangkan pada 2007.

Pemenang pertandingan akan menghadapi pemenang semifinal lainnya antara Kanada dan Serbia, pada final yang akan digelar 15-17 November.

Republik Ceko dan Argentina terakhir kali bertemu pada tahun lalu, saat Ceko mengalahkan Argentina 3-2 pada semifinal di Buenos Aires, sebelum merebut gelar juara setelah menang 3-2 pada final melawan Spanyol.

Kapten tim Argentina Martin Jaite mengesampingkan petenis peringkat 45 dunia Berlocq untuk nomor tunggal, sementara Ceko kemungkinan mengistirahatkan petenis peringkat 46 dunia Rosol.

Argentina kehilangan bintang mereka Juan Martin Del Potro, yang mengambil waktu istirahat dari kompetisi tahun ini, seperti juga petenis yang cedera David Nalbandian.

Gelar juara Piala Davis pada 2012 merupakan yang pertama bagi Ceko sejak Cekoslowakia, yang terbagi dua menjadi Republik Ceko dan Slowakia pada 1993, memenangi gelar pada 1980 dengan tim yang dipimpin oleh petenis berusia 20 tahun Ivan Lendl.

Argentina, yang tampil pada tiga kali final dalam tujuh tahun terakhir, masih memburu gelar juara Piala Davis untuk pertama kalinya, demikian laporan AFP.

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013