Selasa, 23 September 2014

Chile-Thailand akan tandatangani perjanjian perdagangan bebas

Jumat, 13 September 2013 07:38 WIB | 2.510 Views
Santiago (ANTARA News) - Chile dan Thailand akan menandatangani perjanjian perdagangan bebas pada 4 Oktober, ketika Presiden Chile Sebastian Pinera melakukan perjalanan ke negara berjuluk gajah putih itu, kata kementerian luar negeri Chile, Kamis.

Perjanjian tersebut merupakan bagian dari upaya Chile "dalam beberapa tahun terakhir memperluas akses produk-produk Chile di Asia Pasifik," Menteri Luar Negeri Alfredo Moreno mengatakan dalam sebuah konferensi pers.

Setelah penandatanganan, 90 persen perdagangan bilateral akan bebas tarif. Tarif-tarif tersisa akan dikurangi secara bertahap, menurut Moreno seperti dikutip AFP.

Pinera akan menandatangani perjanjian tersebut dalam kunjungan resmi ke negara Asia itu mulai 4 sampai 5 Oktober, ketika ia akan bertemu dengan para pengusaha Thailand dan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra.

Negosiasi antara kedua negara dimulai pada April 2011 di Bangkok.

Perdagangan antara Chile dan Thailand melebihi 800 juta dolar AS pada 2010, dengan ekspor Chile ke negara Asia itu sebesar 287 juta dolar AS dan impor ke Chile mencapai 528 juta dolar AS.

Chile telah membentuk perjanjian perdagangan dengan Vietnam dan Malaysia.

(A026)

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga