Samosir (ANTARA News) - Kabupaten Toba Samosir atau biasa disebut Tobasa ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Danau Toba 2014

"Sebenarnya kami belum sanggup. Tapi karena mendapatkan dukungan dari sesepuh masyarakat Batak TB Silalahi akhirnya kami menerima penunjukan itu," kata Bupati Tobasa Parmin Pandapotan Simanjuntak di Samosir, Jumat usai bertemu Wamenparkekraf Sapta Nirwandar.

Menurut dia, dengan adanya penunjukan ini pihaknya langsung bergerak cepat untuk mempersiapkan festival termasuk melakukan koordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Kami akan bangun tribun di Lapangan Sisingamangaraja. Ada dua tribun yang akan kami bangun. Untuk dana lainnya akan dicarikan dari sponsor," katanya menambahkan.

Selain menyiapkan tim, pihaknya juga telah mempersiapkan waktu pelaksanaan Festival Danau Toba 2014 yaitu medio Juni hingga Juli.

Hal ini dilakukan bertepatan dengan hasil libur sekolah yang salah satu tujuannya untuk mendorong hadirnya masyarakat pada festival tersebut.

Ketika ditanya tentang ikon Festival Danau Toba 2014, Parmin Pandapotan Simanjuntak mengatakan akan mengandalkan ulos.

Untuk kegiatan olahraga, kata dia, di Kabupaten Tobasa mengandalkan arung jeram menyusuri sungai Asahan.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013