Pemkab Karo berusaha merelokasi penduduk agar terhindar dari hal-hal yang tidak diingini, akibat letusan Gunung Sinabung
Medan (ANTARA News) - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meletus pada Minggu sekitar pukul 02.51 WIB, menyemburkan abu vulkanik yang berbahaya.

"(Warga) tiga desa yang berada di Kecamatan Naman Teran, yakni Desa Bekerah, Desa Simacem dan Desa Sigorong-gorong, pada pagi ini sedang mempersiapkan diri mengungsi atau mencari tempat yang aman," ujar Kabid Humas Kominfo Kabupaten Karo, Jhonson Tarigan dihubungi Antara dari Medan.

Mobil angkutan telah dikerahkan untuk membawa warga mengungsi ke pendopo milik Pemerintah Kabupaten Karo dan jambur di daerah tersebut.

"Kita tidak tidak ingin akibat letusan gunung berapi itu, menimbulkan jatuhnya korban jiwa atau warga mengalami luka-luka.Upaya pertama adalah menyelamatkan penduduk dari lokasi gunung tersebut," ujarnya.

Gunung Sinabung adalah puncak tertinggi di Sumatera Utara, dengan ketinggian sekitar 2.600 meter. Selain itu terdapat Gunung Sibayak yang merupakan puncak tertinggi kedua dengan ketinggian 2.040 meter.

Keduanya adalah gunung berapi aktif di Sumatera Utara.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013