Kamis, 28 Agustus 2014

Gunung Sinabung meletus

Minggu, 15 September 2013 09:27 WIB | 23.292 Views
Gunung Sinabung meletus
Aktivitas kawah gunung Sinabung mengeluarkan debu vulkanik saat meletus di Desa Simpang Empat Kab Karo, Sumut, Minggu (15/9). Letusan yang disertai suara gemuruh dan mengeluarkan debu vulkanik itu menyebabkan ribuan warga di kawasan tersebut terpaksa diungsikan karena status gunung itu dinyatakan berbahaya dan masuk kategori Siaga (level III). (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)
Medan (ANTARA News) - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meletus pada Minggu sekitar pukul 02.51 WIB, menyemburkan abu vulkanik yang berbahaya.

"(Warga) tiga desa yang berada di Kecamatan Naman Teran, yakni Desa Bekerah, Desa Simacem dan Desa Sigorong-gorong, pada pagi ini sedang mempersiapkan diri mengungsi atau mencari tempat yang aman," ujar Kabid Humas Kominfo Kabupaten Karo, Jhonson Tarigan dihubungi Antara dari Medan.

Mobil angkutan telah dikerahkan untuk membawa warga mengungsi ke pendopo milik Pemerintah Kabupaten Karo dan jambur di daerah tersebut.

"Kita tidak tidak ingin akibat letusan gunung berapi itu, menimbulkan jatuhnya korban jiwa atau warga mengalami luka-luka.Upaya pertama adalah menyelamatkan penduduk dari lokasi gunung tersebut," ujarnya.

Gunung Sinabung adalah puncak tertinggi di Sumatera Utara, dengan ketinggian sekitar 2.600 meter. Selain itu terdapat Gunung Sibayak yang merupakan puncak tertinggi kedua dengan ketinggian 2.040 meter.

Keduanya adalah gunung berapi aktif di Sumatera Utara.

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga