Animo remaja mulai meningkat seiring dengan kesadaran akan kesehatan
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Rini Sutiyoso, mengatakan animo remaja untuk mendonorkan darah mulai meningkat.

"Animo remaja mulai meningkat seiring dengan kesadaran akan kesehatan," ujar Rini di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, mendonorkan darah sejak usia muda sangat baik untuk kesehatan, itu sebabnya diharapkan semakin banyak remaja yang mau mendonorkan darah.

Untuk menjadi pendonor, terdapat beberapa persyaratan: berusia 17 tahun, berat badan minimal 45 kilogram, dan sedang dalam kondisi tubuh yang sehat.

Setiap harinya, PMI Jakarta mendapatkan sekitar 1.200 kantong darah. Kantong-kantong darah itu didapat dari berbagai kegiatan yang digelar PMI dan dari para pendonor yang langsung datang ke kantor PMI Jakarta.

Kebutuhan kantong darah di Jakarta diperkirakan mencapai 800 kantong per hari. Menurut dia, kebutuhannya cukup besar karena juga menopang kebutuhan darah di wilayah sekitar seperti Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang.

"Saat ini ketersediaan darah masih aman untuk empat hari ke depan," demikian Rini yang juga istri mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso.

Pewarta: Indriani
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013