...program try out harus dievaluasi dan harus dihentikan...
Jakarta (ANTARA News) - Uji coba (try out) atlet pelatnas SEA Games 2013 akan dihentikan karena anggaran yang tidak memadai, demikian disampaikan Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Surya Dharma, Selasa.

"Beberapa try out yang diusulkan akan dihentikan. Melihat laporan terakhir karena anggaran kita tidak memadai, sehingga program try out harus dievaluasi dan harus dihentikan," kata Surya, ditemui usai acara pelepasan kontingen Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 di kantor Komite Olimpiade Indonesia, di Jakarta, Selasa.

Seperti diberitakan sebelumnya, pelaksanaan pelatnas masih kekurangan dana sekitar Rp60 miliar menjelang SEA Games 2013 yang akan berlangsung Desember mendatang di Myanmar.

Kekurangan dana ini mengakibatkan uang saku atlet periode Juli, Agustus, dan September belum dapat dicairkan. Persoalan ini ditambah dengan kurs dolar yang naik, sehingga program yang sudah dirancang pun mau tidak mau harus direvisi, termasuk uji coba (try out).

"Dilihat dari sisi anggaran saat ini kita sedang kesulitan. Uang saku dua bulan belum cair, try out yang belum dilaksanakan juga akan dihentikan," ujar Surya.

Kekurangan dana pelatnas, lanjut Surya, juga tidak mungkin ditalangi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga menyusul pemotongan Rp69,89 miliar anggaran Kemenpora dalam APBN-P dari awalnya Rp1,9 triliun.

Pewarta: Monalisa
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013