Saya sudah mengundang seluruh kepala museum, ... (saya sampaikan) kita harus lebih waspada terhadap aset kita. Ini kan aset yang tidak bisa dirupiahkan. Kita harus menjaga dengan baik,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah akan lebih waspada dalam menjaga koleksi museum yang merupakan aset negara dengan cara memperketat pengamanan museum.

Hal itu dikemukakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di Jakarta, Selasa, pascahilangnya empat artefak emas koleksi Museum Nasional pekan lalu.

"Saya sudah mengundang seluruh kepala museum, ... (saya sampaikan) kita harus lebih waspada terhadap aset kita. Ini kan aset yang tidak bisa dirupiahkan. Kita harus menjaga dengan baik," katanya.

Salah satu upaya yang akan dilakukan, menurut M. Nuh, adalah dengan meningkatkan sistem pengawasan dan pengamanan.

Sementara itu terkait dengan pencurian di Museum Nasional, Mendikbud mengatakan penyelidikan telah dilakukan, baik secara internal maupun oleh polisi.

Sebanyak empat artefak emas koleksi Museum Nasional, yaitu Lempeng Naga Mendekam Berinskipsi, Lempeng Bulan Sabit Beraksara, Wadah Bertutup (Cepuk), dan Lempeng Harihara dilaporkan hilang pada hari Rabu (11/9) sekitar pukul 09.00 WIB.

Empat artefak tersebut adalah peninggalan Kerajaan Mataram Kuno dan dibuat pada abad 10 Masehi.

Pihak berwenang tengah melakukan pelacakan terkait dengan keberadaan artefak-artefak emas itu.
(G003/D007)

Pewarta: G.N.C. Aryani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013