Turnamen ini diharapkan mampu memberi warna tersendiri bagi persepakbolaan nasional kita, dan lebih menggairahkan event serupa yang berskala internasional di masa mendatang."
Bandung (ANTARA News) - Menpora Roy Suryo dipastikan akan membuka Indonesian International Tournament (IIT) Menpora Cup 2013 di Stadion Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (20/9).

Pembukaan ini sekaligus menandai berlangsungnya turnamen yang akan digelar dari 20-29 September 2013, yang diikuti oleh delapan tim (lima dari Indonesia dan tiga dari luar negeri) terbagi dalam dua grup di Bandung dan Malang.

Pertandingan Persib Bandung melawan Timnas Malaysia U-23 akan menjadi pembuka kejuaraan itu yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung.

Timnas Malaysia U-23 merupakan Juara Merdeka Turnament 2013 di Pahang Malaysia, 7-14 September 2013. Sedangkan laga berikutnya Sriwijaya FC yang akan menghadapi juara A-League Central Coast Mariners.

Sedangkan pada laga di Stadion Kanjuruhan Malang, akan memulai pertandingan pada Sabtu (21/9) akan berhadapan Mitra Kukar menghadapi Persipam Madura United, kemudian Arema Indonesia menghadapi peringkat ketiga Liga Filipina Layola Merlco Spark.

"Turnamen ini diharapkan mampu memberi warna tersendiri bagi persepakbolaan nasional kita, dan lebih menggairahkan event serupa yang berskala internasional di masa mendatang. Hadirnya tim dari luar negeri mestinya akan memicu level permainan klub dan kualitas stadion kita," dalam siaran pers yang diterima Antara di Bandung, Rabu.

Roy Suryo juga berharap Bandung dan Malang tak hanya mengejar target sebagai juara dalam IIT Menpora Cup 2013 menjadi bagian dari peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2013 ini, tapi juga menjadi tuan rumah yang baik bagi tim-tim tamu di kedua kota itu.

Apalagi terdapat tiga tim luar negeri yang diharapkan akan membawa cerita positif tentang klub-klub dan hebatnya dukungan suporter Indonesia secara "fair play" dalam turnamen ini.

(S033/Y003)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013