Martapura (ANTARA News) - Tuan rumah Barito Putera menutup pertandingan Liga Super Indonesia dengan torehan poin sempurna usai membekuk Sriwijaya FC 6-1 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kalimantan Selatan, Rabu.

Dua gol tim berjuluk "Laskar Antasari" dicetak penyerang Coulibaly Djibril dan empat gol lainnya, masing-masing diciptakan Konate Makan, Rizki Rizaldi Pora, Amirul, dan Septa Riyanto melalui tendangan penalti.

Sedangkan satu gol Sriwijaya FC juga dihasilkan melalui eksekusi penalti Herman Dzumafo setelah rekannya Novri Setiawan dijatuhkan pemain Barito di kotak terlarang.

Meskipun meraih kemenangan dengan skor telak, posisi Barito Putera tidak berubah dan tetap berada di peringkat enam klasemen akhir LSI dengan nilai 54 hasil 34 kali pertandingan.

Sementara posisi Sriwijaya FC juga tidak mengalami perubahan dan tetap bertengger di peringkat lima dengan nilai 57.

Pertandingan yang dilakoni kedua tim berlangsung menarik dan Barito langsung melancarkan serangan begitu wasit Thoriq Alkatiri meniup pluit tanda pertandingan dimulai.

Hasilnya, pertandingan baru berjalan satu menit, Djibril mampu merobek gawang Sriwijaya FC yang dijaga Rifky Mokodompit, disusul gol kedua Djibril yang tercipta pada menit ke-22 melalui sundulan.

Tiga gol tambahan dicetak Konate Makan menit ke-37, diikuti gol Rizky Ripora menit ke-39 dan Amirul melalui gol menit ke-45 sekaligus menutup pertandingan babak pertama.

Memasuki babak kedua, Sriwijaya FC tampil lebih agresif melancarkan serangan dan hasilnya mendapat hadiah penalti setelah Novri dijatuhkan di kotak terlarang dan tendangan diselesaikan dengan baik oleh Herman Dzumafo.

Satu menit menjelang pertandingan babak kedua berakhir, Septa Riyanto menambah keunggulan Barito melalui titik putih setelah Ana Supriyatna dijatuhkan di kotak terlarang.

Pelatih Barito Putera Salahuddin mengaku puas atas hasil pertandingan terakhir di depan ribuan pendukung yang berakhir manis dan skor kemenangan yang menyakinkan.

"Kami bersyukur atas kemenangan ini dan juga bangga, karena saat pertandingan pertama di kandang menang dan menutup pertandingan kandang juga dengan kemenangan," ujarnya.

Pelatih Sriwijaya FC Subangkit mengatakan pihaknya tidak terlalu kecewa atas kekalahan. karena anak asuhnya sudah bermain maksimal sepanjang pertandingan.

(KR-YRZ/D010)

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013