Jakarta (ANTARA News) - BlackBerry akhirnya mengumumkan bahwa aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) akan tersedia untuk perangkat Android dan iPhone mulai 21 September (waktu AS) ini.

Pernyataan resmi itu dikeluarkan BlackBerry hanya beberapa jam setelah spekulasi peluncuran BBM untuk Android menguat di Indonesia, bertepatan menjelang acara pertemuan BlackBerry dengan komunitas smartphone di Jakarta siang hari ini.

"BBM FOR ALL" itu lah kalimat yang dipampang BlackBerry di blog resminya, Kamis dinihari, hampir senada dengan tag line yang tercantum dalam undangan untuk acara di Jakarta.

"Itu benar para penggemar BBM--ikonik jejaring sosial mobile akan mulai tersedia untuk pelanggan Android dan iPhone di seluruh dunia mulai 21 September," kata BlackBerry dalam pernyataannya dan mengakhiri spekulasi yang selama ini berkembang.

"Segera, Kamu akan bisa dengan mudah terhubung dengan teman dalam platfrom-platform berbeda".

BlackBerry menjelaskan bahwa aplikasi itu tidak lagi tersedia eksklusif di smartphone BlackBerry, tapi akan tersedia untuk diunduh dengan gratis di Google Play dan Apple Store.

"Seperti yang Kamu ketahui BBM sebelumnya eksklusif untuk smartphone BlackBerry, dan itu akan tersedia sebagai unduhan gratis di Google Play dan Apple Store," katanya.

Lalu apa saja fitur BBM untuk BlackBerry dan Android? Berikut daftar yang disajikan BlackBerry bersama pernyataan resminya:

- BBM Chat--fitur percakapan teman di smartphone Android, iPhone, dan BlackBerry. Bukan cuma bisa mengetahui apakah pesan sudah terkirim atau dibaca, tapi juga bisa diketahui apakah penerima merespon pesan itu.

- Bukan cuma bisa berbagi file melalui ponsel, tapi bisa juga berbagi foto dan voice note, semua dalam sebuah perpesanan instan.

- Keep your group in the loop--fitur yang memungkinkan pengguna bisa melakukan percakapan dengan lebih satu orang bersama-sama. BBM Group memungkinkan pengguna mengundang 30 teman untuk percakapan bersama, dan bisa multi-chat dengan berbagi foto dan agenda (jadwal).

- BBM terbaru ini juga memungkinkan pengguna mengirim pesan personal, foto profil, dan status terakhir, serta kontak bisa mengetahui secara instan Updates yang di-posting.

- PIN unik--setiap pengguna BBM akan mempunyai sebuah PIN yang akan menjaga privasi.

"BBM adalah layanan pesan yang sangat menarik yang mudah digunakan, mudah untuk personalisasi dan memiliki kedekatan yang diperlukan untuk komunikasi mobile. Dengan lebih dari satu miliar smartphone Android, iOS, dan BlackBerry di pasar, dan tidak ada platform mobile perpesanan instan yang dominan, ini benar-benar waktu yang tepat untuk membawa BBM ke Android dan pelanggan iPhone," kata Wakil Presiden Eksekutif BlackBerry Andrew Bocking, dalam siaran pers terbaru.

Pernyataan resmi BlackBerry dan versi Android serta iOS yang sudah mendukung untuk aplikasi BBM bisa dilihat di http://blogs.blackberry.com.