Naples (ANTARA News) - Napoli mencampakkan runner up Liga Champions musim lalu Borussia Dortmund ke kekalahan pertamanya musim ini setelah klub Jerman mengawali laga Kamis dini hari tadi dengan petaka.

Gonzalo Higuain dan Lorenzo Insigne menciptakan dua gol Napoli di Grup F itu setelah Dortmund harus melihat kiper Roman Weidenfeller dikartumerahkan pada babak pertama, selain juga pelatih Jurgen Klopp diperingatkan wasit.

Napoli langsung ditekan Dortmund yang sebelumnya memiliki rekor sempurna menang lima kali dalam laga-laga pertama Bundesliga dan tak pernah kalah sejak disingkirkan Bayern Munchen pada final Liga Champions Mei lalu.

Marco Reus melepaskan umpan bagus kepada Robert Lewandowski pada menit 26, namun tendangan kaki kiri pemain asal Polandia ini sukses diselamatkan kiper Pepe Reina.

Sven Bender lalu nyaris menciptakan gol namun tendangan volley-nya membentur tiang gawang.

Napoli kemudian memimpin pada pertengahan waktu. Camilo Zuniga melepaskan umpan kepada Higuain yang melewati hadangan Marcel Schmelzer dan kemudian menyundul bola ke sudut bawah gawang di luar jangkauan Weidenfeller.

Itu adalah gol kedua berturut-turut pemain Argentina ini di Stadion San Paolo, setelah pekan lalu melakukan upaya serupa saat Napoli menang dari Atalanta.  Gol ini sendiri adalah gol ketiganya dalam tiga pertandingannya bersama Napoli.

Klopp memprotes gol ini sehingga diusir ke bangku pemain.  Sepuluh menit sebelum babak pertama usai, Reus melepaskan volley namun melebar dari gawang Napoli.

Kapten sekaligus kiper Weidenfeller menyentuh bol dengan tengah di luar kotak penalti untuk mencegah Higuain mencetak gol, dan dia pun dikartumerahkan.

Kiper asal Australia Mitchell Langerak masuk menggantikan Weidenfeller dan dia melakukan penyelamatan gemilang saat menepis tendangan bebas Higuain.

Langerak juga sukses menggagalkan upaya Gokhan Inler, sementara Reus kembali menyianyiakan kesempatan emas ketika tendangannya melebar dari gawang.

Pada menit 67, Insigne menciptakan gol dari tendangan bebas yang berhasil melewati barisan pemain Dortmund.

Tiga menit sebelum pertandingan usai, Zuniga mengirimkan tendangan volley ke gawangnya sendiri sehingga memberi Dortmund memperkecil kedudukan menjadi 2-1 dan sekaligus menbuka harapan untuk bangkit pada laga berikutnya saat menjadi tuan rumah nanti, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013