Jakarta (ANTARA News) - Distributor resmi kendaraan Mitsubishi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors meluncurkan varian baru SUV-nya, Mitsubishi Outlander Sport Limited Edition, dan mengatakan itu sebagai kejutan untuk konsumennya di Indonesia.

"Kami..memiliki kejutan istimewa untuk para konsumen kami. Merayakan hari jadi pertamanya semenjak mulai diproduksi di Indonesia, hari ini, kami mengenalkan secara perdana, varian terbaru dari Outlander Sport, Limited Edition," kata Presiden Direktur Krama  Yudha Tiga Berlian Motors, Noboru Tsuji, dalam jumpa pers di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 di Jakarta, Kamis.

Tsuji mengatakan, dengan tambahan fitur interior dan eksterior yang lebih menarik, Outlander Sport Limited Edition akan menjadi pusat perhatian, dan menjadi daya tarik bagi mereka yang memiliki gaya berbeda dari yang lain.

Selain meluncurkan Outlander Sport Limited Edition, KTB juga memperkenalkan New Outlander Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) serta Mitsubishi MiEV Evolution II, dua kendaraan yang mewakili produk termuktahir dari Mitsubishi Motors.

Kendaraan ramah lingkungan Outlander PHEV, menurut KTB, merupakan kendaraan SUV berteknologi plug-in hybrid pertama di dunia, yang ditopang oleh tenaga dua baterai dan mesin bensin untuk mengoperasikan motor listriknya.

"Hasilnya, kombinasi dari performa lingkungan yang sangat baik dari kendaraan listrik, kepraktisan, dan kenyamanan dari SUV konvensional. Kami harap dapat segera membawa produk ini ke tangan para konsumen di Indonesia," kata Tsuji.

Outlander PHEV merupakan perpaduan teknologi Mitsubishi, terdiri dari teknologi Electric Vehicle (EV) dari i-MiEV, sistem 4WD dari Lancer Evolution, dan kehandalan SUV Pajero.

Pada sisi eksteriornya, PHEV tetap mengadopsi konsep Outlander, stylish dan futuristic dipadukan dengan karakteristik elegan dari sebuah SUV.

Kendaraan itu dilengkapi teknologi Mitsubishi RISE (Reinforced Safety Impact Evolution) Body yang dikembangkan secara khusus oleh Mitsubishi.

RISE Body-nya menggunakan High Tensile Steel untuk mengurangi bobot kendaraan serta memperkuat kekuatan struktur bodi kendaraan.

Fitur Electric Tailgate System yang tersemat di dalamnya, memudahkan untuk membuka tutup bagasi secara otomatis, dengan pengendali bisa dikontrol dari bagian pengemudi dan melalui Keyless Operation Key.

Performanya ditunjang dengan mesin bensin 4811 berkapasitas 2.0 liter in-line, yang berfungsi untuk menghasilkan listrik dalam mode Hybrid Series serta untuk memberikan kekuatan awal di mode Hybrid Paralel.

Baterai penggerak pada PHEV adalah baterai lithium-ion berkapasitas tinggi, yang juga terdapat pada Mitsubishi i-MiEV dan MINICAB MiEV, terdiri dari 80 sel dipasang dalam frame tertutup.

Baterai itu memiliki tegangan total 300 V serta kapasitas penyimpanan total 12.0 kWh.

Torsi maksimum  yang dihasilkan 137 Nm di bagian depan dan 195 Nm pada bagian belakang.

Sementara Mitsubishi MiEV Evolution II, yang menjadi ikon teknologi EV Mitsubishi, merupakan kendaraan yang telah memenangkan juara kedua dan ketiga di EV Divisions pada race legendaris "Pikes Peak International Hill Climb" tahun ini. 
Pewarta: Suryanto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013