London (ANTARA News) - Musik angklung kreasi Saung Mang Udjo dari Bandung yang dimainkan Femmy dengan iringan gitar Yayan Udjo dan  tari Merak yang dipersembahkan oleh penari-penari dari Sanggar Sonobudoyo, Surakarta memukau undangan yang menghadiri resepsi HUT ASEAN ke-46 di Museum Pushkin, Moskow.

Sekretaris I Pensosbud KBRI Moskow Lailal K Yuniarti kepada ANTARA London, Jumat mengatakan Komunitas ASEAN di Moskow melalui ASEAN Moscow Committee (AMC) dengan koordinator Duta Besar Singapore, Ms. Lim Kheng Hua, didukung seluruh kedubes negara ASEAN di Moskow menyelenggarakan resepsi HUT ke-46 ASEAN yang berlangsung meriah.

Selain suguhan tari dari Indonesia, Malaysia, Myanmar, Philippines dan Vietnam, sahabat-sahabat ASEAN di Rusia juga dipuaskan dengan sajian kuliner lezat dari seluruh negara ASEAN, termasuk rendang dan sate ayam dari Indonesia yang laris manis diserbu hadirin.

Dubes Singapura, Lim Kheng Hua dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama 46 tahun keberadaannya, ASEAN telah berkembang semakin kuat dengan 10 negara anggota di kawasan.

ASEAN juga semakin kokoh sebagai suatu organisasi kawasan dengan ditandatanganinya ASEAN Charter pada bulan November tahun 2007.

Yang kemudian diikuti dengan kesepakatan para pemimpin ASEAN di tahun 2010 untuk membangun masyarakat ASEAN (ASEAN Community) pada tahun 2015 dan seterusnya, dengan 3 pilar yakni komunitas politik keamanan, komunitas ekonomi dan komunitas sosial budaya

Dalam berbagai kesempatan, Dubes RI di Moskow juga selalu menyampaikan informasi mengenai potensi dan perkembangan terkini di ASEAN.

Selain itu, KBRI Moskow bersama Perwakilan Tetap RI untuk ASEAN telah beberapa kali menyelenggarakan kuliah umum mengenai ASEAN yang disampaikan oleh Dubes RI untuk ASEAN, Ngurah Swajaya di MGIMO dan Saint Petersburg State University pada bulan Desember 2012 serta Kazan Federal State University, Mei lalu.

(ZG).

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013