Saya sudah menyampaikan kalau saya siap mengundurkan diri kalau ada benturan persepsi ataupun realita dan itu saya serahkan semua ke Pak presiden
Jakarta (ANTARA News) - Peserta konvensi Partai Demokrat Gita Wirjawan kembali menyatakan siap mengundurkan diri dari jabatan Menteri Perdagangan, jika memang terdapat benturan kepentingan, kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kemarin saya sudah menyampaikan ke kawan-kawan di Malang dan bapak presiden, keinginan saya untuk mengundurkan diri, kalau ada benturan kepentingan. Tapi ini semua hak prerogatif presiden," katanya di Jakarta, Jumat.

Pernyataan itu dilontarkan saat dirinya ditanya perihal keikutsertaannya dalam konvensi calon presiden Partai Demokrat yang dikaitkan dengan tugasnya sebagai Menteri Perdagangan saat ini. Hal ini sebelumnya telah disampaikan Gita kepada media massa.

Ia menyatakan siap mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Bersatu II. Dia sempat meminta wartawan tidak kaget dengan hal tersebut.

"Sudah (disampaikan ke presiden), jangan kaget dong. Saya sudah menyampaikan kalau saya siap mengundurkan diri kalau ada benturan persepsi ataupun realita dan itu saya serahkan semua ke Pak presiden," katanya.

Saat ditanya apakah dirinya tidak takut dinilai lari dari kewajiban menjaga kekuatan pangan nasional, ia menjawab bahwa kewajiban paling mulia adalah supaya pangan nasional semakin kuat.

Sementara itu Gita juga meyakini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mempertimbangkan dan mempelajari usulan pengunduran diri tersebut.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013