London (ANTARA News) - Patung kontroversial mendiang bintang pop Michael Jackson akan dipindahkan dari pusat latihan klub Fulham di Craven Cottage setelah para penggemar mengeluhkan patung itu membuat klub Liga Premier tersebut kelihatan seperti bahan tertawaan.

Patung ini didirikan di belakang stand Hammersmith oleh mantan pemilik klub itu Mohamed Al Fayed pada 2011, dua tahun setelah kematian sang bintang dalam usia 50 karena overdosis obat bius.

"Craven Cottage dihubungkan dunia kepada generasi pendukung Fulham, dan saya pernah mendengar dari banyak orang selama dua bulan terakhir," kata ketua Shahid Khan, yang mengambilalih klub ini Juli lalu dalam satu pernyataan tertulis Jumat ini.

"Pandangan para penggemar kami mengenai patung itu sudah jelas. Saya menghormati Tuan Al Fayed dan tahu dia punya niat baik dalam menghormati orang. Namun, pemindahkan patung itu adalah hal yang baik untuk Fulham Football Club."

Michael Jackson adalah sahabat Al Fayed yang pernah mengundangnya menonton satu pertandingan di Craven Cottage pada 1999.

Patung sang penyanyi adalah salah satu dari dua patung di luar stadion selain patung Johnny Haynes yang bermain sebanyak 650 kali bagi klub itu selama 18 musim.

Sejumlah penggemar memprotes bahwa patung Michael Jackson itu tak ada kaitannya dengan sepakbola  dan telah membuat klub itu terlihat konyol.

Seperti dilaporkan Reuters, Al-Fayed bergeming dari kritik itu dan saat itu berkata, "Jika sejumlah penggemar bodh tak memahami dan menghargai berkah yang diberikan orang itu (Michael Jackson) kepada dunia, maka apa pedulinya mereka. Saya tak ingin mereka menjadi penggemar."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013