Bandung (ANTARA News) - Tim Central Coast Mariners (CCM) Australia melaju ke babak final Menpora Cup 2013 setelah menjadi juara Grup A (Bandung) menghadapi juara Grup B yang akan digelar di Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (29/9).

Tim Negeri Kanguru itu memastikan tempat di final setelah pada pertandingan terakhir bermain imbang melawan tuan rumah Persib Bandung 3-3 (3-2) yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Selasa (24/9).

Dengan hasil imbang itu, CCM menjadi juara grup dengan nilai tujuh dengan dua kemenangan dan sekali seri. Sebaliknya Persib Bandung gagal mendongkel tim Australia itu dan harus puas di posisi runner up dengan nilai lima hasil sekali menang dan dua kali seri.

Sedangkan dua tim lainnya Timnas Malaysia U-23 dan Sriwijaya FC juga harus puas di peringkat ketiga dan keempat grup A, meski pada laga keduanya Timnas Malaysia unggul 4-2.

Pelatih CCM, Graham Arnold menyebutkan permainan terakhir sangat berat dan mengapresiasi keberhasilan Persib bertahan hingga akhir musim dan mengagalkan timnya memenangkan pertandingan itu.

"Selamat buat permainan maksimal Persib menahan kami pada menit-menit akhir, dan saya hari ini melihat gol spektakuler dari gelangang Persib Mbida Messi yang merupakan gol yang telah lama tidak saya lihat," kata Graham.

Meski lolos ke babak final Menpora Cup, namun Graham mengakui harus membenahi lini pertahannya. Pasalnya keberhasilan Persib membongkar pertahanan timnya menjadi perhatian untuk babak final dan juga di ajang kompetisi domestik.

Tim CCM sempat mengejutkan kubu Persib ketika mencetak gol cepat menit ke-3 melalui terobosan Nick Fitzgerald, namun berselang lima menit kemudian giliran Persib membalas melalui gol Kenji Adhacihara yang melepaskan diri dari kawalan lini belakang CCM.

Pada laga tersebut, Persib sebenarnya memiliki peluang untuk lolos setelah sempat memimpin melalui gol indah Mbida Messi menit ke-14 yang dilakukan dengan tembakan dari tengah lapangan memperdaya kiper Justin Pasfeld.

Namun harapan Persib untuk mengambil tempat di final gagal, setelah tim Australia yang dimotori Nick Fitzgerald balik memimpin dengan dua gol balasan yang dilesakan Marco Flores menit ke-19 dan menit 38. Kedudukan 3-2 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Persib langsung menggebrak dan mendapat peluang melalui Kenji, namun tembakannya melambung ke atas mistar gawang Justin. Sebaliknya CCM yang telah unggul 3-2 menjaga ritme permainan dan bermain aman.

Pada pertengahan babak kedua, Pelatih Persib Jajang Nurjaman melakukan penggantian empat pemain yakni Sergio van Dijk digantikan Sigit Hermawan, bek Aang Suparman oleh Maman Abdurahman sedangkan Atep dan Agung Pribadi digantikan Firman Utina dan Jajang Sukmara.

Sedangkan pelatih CCM, Graham Arnold mengganti bek Zac Anderson oleh Marcel Seip dan gelandang Mitchael Doke oleh Michael Mc Glinchey.

Pada menit ke-78, tim CCM terpaksa berlaga dengan sepuluh pemain setelah gelandang sekaligus pencetak dua gol tim Australia, Marcos Flores diganjar kartu merah oleh wasit M Adung setelah mendapat kartu kuning kedua pada pertandingan itu.

Keunggulan satu pemain dimanfaatkan oleh Persib Bandung untuk meningkatkan serangan dengan tempo cepat sehingga menciptakan beberapa peluang emas, sehingga memaksa pelatih Graham Arnold mengganti pemain belakangnya untuk menyegarkan kondisi pemainnya.

Persib akhirnya menyamakan kedudukan pada masa injury time melalui gol striker asal Brasil, Hilton Moriera setelah memanfaatkan bola kemelut di mulut gawang tim Australia itu.Gol tersebut sempat mengejutkan kubu tim CCM yang bersiap merayakan kemenangan, namun demikian belum cukup bagi Persib untuk menggeser Nick Fitzgerald dkk pada pertandingan itu.

Hingga pluit panjang dibunyikan wasit M Adung, kedudukan 3-3 bertahan dan menjadi hasil akhir pada pertandingan pamungkas tersebut.

Sementara itu Pelatih Persib Jajang Nurjaman menyebutkan puas dengan perjalanan Persib di ajang Menpora Cup yang meraih satu kemenangan dan dua kali seri.

"Saya cukup puas dengan hasil di sini, meski masih kelelahan setelah menyudahi kompetisi. Ini hasil maksimal yang diperlihatkan tim, meski gagal ke final tapi permainan tim terus menanjak," kata Jajang Nurjaman.

Susunan pemain Persib: Cecep Supriatna (kiper), Aang Suparman/ Maman Abdurahman, Abanda Herman, Agung Pribadi/ Jajang Sukmara, Tony Sucipto, Hariono, Mbida Messi, Atep/ Firman Utina, Hilton, Kenji Adhacihara/ Airlangga. Sergio/ Sigit Hermawan.

CCM Australia: Justin Pafield, Josh Rose, Zac Anderson/ Marcel Seip, Jhon Hotchenson, Nick Montgomery, Mitchele Doke/ Michael Glinchery, Marcos Flores, Nick Fitgerald, Storm Roux, Trend Saintbury, Mile Sterjouski.

(S033/Y003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013