Seharusnya ada acara sambutan dulu, tapi Pak Dahlan tidak mau
Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan, Kamis pagi melakukan kunjungan kerja ke Ambon, untuk meninjau pengembangan Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon.

Dahlan tiba di Bandara Pattimura, sekitar pukul 05:30 WIT, dan melanjutkan perjalanan dengan kendaraan menuju pelabuhan Yos Sudarso yang dikelola PT Pelindo IV (Persero).

Tanpa prosesi penyambutan, Dahlan langsung meninjau terminal penumpang, terminal petikemas, dan kargo.

"Seharusnya ada acara sambutan dulu, tapi Pak Dahlan tidak mau. Langsung saja melihat dari dekat fasilitas pelabuhan Ambon," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Kementerian BUMN, Faisal Halimi.

Meskipun aktivitas bongkar muat barang belum dimulai, Dahlan sudah menyusuri hampir semua sudut pelabuhan, terminal peti kemas, ruang kantor, ruang tunggu penumpang, termasuk faslitas toilet di terminal penumpang.

GM Pelindo IV Cabang Ambon, Aris Trundru yang mendampingi Dahlan mengatakan, pelabuhan Ambon sedang dalam tahap peningkatan kapasitas yang dijadwalkan tuntas pada 2014.

"Daya tampung pelabuhan peti kemas ditargetkan meningkat 25 persen pada tahun depan (2014)," kata Aris.

Ia menjelaskan, pada tahap awal telah dilakukan reklamasi di samping pelabuhan untuk dijadikan perluasan terminal peti kemas, termasuk menggusur pasar lama yang ada di sekitar pelabuhan.

Saat ini arus peti kemas di Pelabuhan Ambon mencapai 70.000 boks per tahun, dan diproyeksikan tumbuh sebesar 20-25 persen pada 2014.

Untuk memenuhi target tersebut, Pelindo IV menginvestasikan sebanyak 1 unit container crane (CC), 2 unit Transtainer (TT), dan 2 unit tronton.

Usai meninjau Pelabuhan Ambon, Dahlan Iskan dijadwalkan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Papua, meninjau pengembangan Pelabuhan Sorong, Papua yang juga di bawah pengelolaan PT Pelindo IV.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013