Dalam pengamanan ini (KTT APEC) masyarakat menjadi bagian pengamanan termasuk pecalang
Denpasar (ANTARA News) - Mabes Polri melibatkan "pecalang" atau petugas pengamanan adat Bali untuk membantu mengamankan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Negara Asia Pasifik (KTT APEC) pada 1-8 Oktober 2013.

"Dalam pengamanan ini (KTT APEC) masyarakat menjadi bagian pengamanan termasuk pecalang," kata Kepala Polri Jenderal Timur Pradopo, usai menghadiri apel gelar pasukan gabungan TNI dan Polri menjelang KTT APEC di Denpasar, Kamis.

Dalam apel tersebut selain menggelar kekuatan personel TNI dan Polri serta peralatan dan kendaraan taktis, juga dihadiri ratusan pecalang dari desa terdekat di kawasan Nusa Dua.

Namun jenderal berbintang empat itu tidak menyebutkan jumlah pecalang yang turut terlibat membantu aparat berwajib.

Ia mengharapkan pecalang bisa menjadi filter pengamanan bagi pihak kepolisian.

Di Provinsi Bali terdapat ribuan pecalang yang tersebar di seluruh desa adat yang bertugas mengamankan wilayah masing-masing.

Jenderal Timur Pradopo juga meminta masyarakat untuk ikut serta mengamankan wilayah dan memberikan informasi terkait keamanan kepada pihak berwajib agar dapat ditindaklanjuti.

"Semua informasi masyarakat harus ditindaklanjuti. Setiap saat, silakan berikan informasi," ucapnya.

Sedikitnya 11 ribu petugas gabungan yang terdiri atas aparat TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan KTT APEC di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. KTT dijadwalkan dihadiri oleh 21 kepala negara anggota APEC, dan empat kepala negara peninjau.

Pewarta: Dewa K. Sudiarta Wiguna
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013