...diskon yang diberikan sebesar 28 persen dari tarif yang berlaku dan hanya ditujukan bagi pelajar dan mahasiswa dengan usia maksimal 28 tahun atau yang lahir setelah tanggal 28 Oktober 1985.
Purwokerto (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (PT KAI) memberikan diskon bagi pelajar dan mahasiswa yang menggunakan layanan KA eksekutif, bisnis, dan ekonomi komersial untuk masa pembelian tiket dan tanggal keberangkatan selama bulan Oktober 2013.

"Pemberian diskon ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, dengan tajuk Semangat Pemuda 28," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Surono, di Purwokerto, Jumat.

Menurut dia, diskon yang diberikan sebesar 28 persen dari tarif yang berlaku dan hanya ditujukan bagi pelajar dan mahasiswa dengan usia maksimal 28 tahun atau yang lahir setelah tanggal 28 Oktober 1985.

Ia mengatakan bahwa KA komersial dengan diskon khusus pelajar dan mahasiswa ini, antara lain Argo Lawu, Argo Dwipangga, Purwojaya, Sawunggalih, Senja Utama Yogya, Senja Utama Solo, Fajar Utama, Gajayana, Bima, Taksaka, Bogowonto, Gajahyana, dan Krakatau untuk jurusan Jakarta.

Selain itu, kata dia, KA Argo Wilis, Turangga, Lodaya, Malabar, dan Mutiara Selatan untuk jurusan Bandung.

"Pembelian tiket dengan diskon khusus bagi pelajar dan mahasiswa ini, hanya dapat dilayani di loket-loket stasiun `online`. Sedangkan untuk memperoleh diskon, para pelajar atau mahasiswa harus melampirkan fotokopi kartu pelajar/mahasiswa dan menunjukkan kartu aslinya saat membeli tiket," katanya.

Di samping memberikan diskon bagi pelajar dan mahasiswa, kata dia, PT KAI Daop 5 Purwokerto juga menyediakan "voucher" tiket gratis dan ratusan "merchandise" kepada penumpang KA Feeder Serayu dari Purwokerto menuju Kroya dan sebaliknya.

Menurut dia, "voucher" tersebut terdiri dua tiket gratis kelas eksekutif, tiga tiket gratis kelas bisnis, dan lima tiket gratis kelas ekonomi.

"Tiket gratis tersebut seluruhnya hanya berlaku untuk kereta api asal PT KAI Daop 5 Purwokerto seperti KA Purwojaya, Sawunggalih, Logawa, Kutojaya Utara, Kutojaya Selatan, dan Serayu Pagi maupun Serayu Malam," katanya.

Ia mengatakan bahwa pemenang "voucher" tiket gratis dan "merchandise" tersebut akan diundi untuk periode keberangkatan KA Feeder Serayu dari tanggal 23 September hingga 22 Oktober 2013.

Dalam hal ini, kata dia, seluruh tiket periode tersebut secara otomatis akan diikutkan dalam undian.

"Pemenang undian akan kami hubungi melalui SMS atau telepon," kata Surono.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013