Saya datang untuk mengunjungi seorang sahabat di sini dan dia bilang kita memiliki seorang gadis bagi Anda untuk bekerja dengannya. Kami ingin Anda membantunya karena dia perlu sampai ke tingkat berikutnya,"
Guangzhou (ANTARA News) - Pelatih vokal Amerika Serikat, Seth Riggs, master di balik keajaiban beberapa superstar termasuk Michael Jackson, Stevie Wonder dan Madonna membuat kejutan.

Pria sekarang 83-tahun itu kini membina penyanyi baru sensasional China - yang baru berusia 13 tahun.

Pada awal September, Riggs dan keluarganya melakukan perjalanan ke daratan China untuk pertama kalinya, menawarkan pelatihan vokal kepada penyanyi remaja "Dou Dou" di kota selatan China, Shenzhen.

"Saya datang untuk mengunjungi seorang sahabat di sini dan dia bilang kita memiliki seorang gadis bagi Anda untuk bekerja dengannya. Kami ingin Anda membantunya karena dia perlu sampai ke tingkat berikutnya," kata Riggs dikutip Xinhua.

"Dou Dou," yang juga dikenal sebagai Huang Jiaqi, adalah bintang pemula yang membuat namanya melejit ketika menyanyikan lagu tema Olimpiade Beijing "You and Me."

Selama Olimpiade London 2012, dia juga menyajikan konser luar negeri pertamanya di Empire Theatre Hackney di London atas undangan Komite Olimpiade Internasional.

Namun, seperti banyak penyanyi muda transisi menjadi remaja, Huang telah berjuang untuk menemukan metode yang tepat untuk terus mengembangkan bakatnya.

Pelatihan Riggs `diharapkan membantunya belajar bagaimana mempertahankan dan mengembangkan keahliannya`.

Selama mereka tinggal setengah bulan, Riggs dan istrinya Margareta Svensson melatih Huang selama tiga sampai empat jam setiap harinya.

"Riggs mengajari saya bagaimana untuk menyanyikan lagu-lagu dengan cara yang benar, mendapati saya melalui masa transisi dan akhirnya memiliki suara yang lebih matang," kata Huang, dan menambahkan bahwa ia telah mendapatkan banyak dari sesi pelatihan itu.

"Dia memiliki telinga yang indah dan dia tetap tepat di tengah panggung saat ia bernyanyi. Dia harus mengubah dari bernyanyi seperti seorang gadis kecil untuk bernyanyi seperti kita semua," kata Riggs. "Dia mencapai kemajuan sangat cepat. Kami sangat terkesan dengan dia."

Riggs menggunakan metode pengajaran yang dikenal sebagai "Speech Level Singing" untuk melatih Huang, teknik yang sama ia gunakan untuk melatih Michael Jackson.

Riggs menciptakan metode itu ketika masih menjadi mahasiswa musik, karena ia tidak puas dengan bernyanyi sendiri pada waktu itu.

Ia menemukan cara bernyanyi yang memanfaatkan teknik vokal yang sama yang digunakan ketika berbicara. Metode ini memungkinkan penyanyi bernyanyi dengan kekuatan yang lebih besar, kejelasan dan ekspresi, tapi dengan sedikit usaha.

Riggs memiliki merek dagang metode pengajaran itu dan sejak itu sibuk menggunakannya untuk mengajar para profesional dan amatir.

(H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013