Sebanyak 31 orang terbunuh akibat ledakan, dan 76 lainnya terluka."
Peshawar, Pakistan (ANTARA News/AFP) - Sebuah bom meledak di Peshawar, kota di Pakistan sebelah barat laut, pada Minggu yang mengakibatkan sedikit-dikitnya 31 tewas, kata petugas keamanan setempat.

"Sebanyak 31 orang terbunuh akibat ledakan, dan 76 lainnya terluka," kata petugas tertinggi di wilayah itu, Sahebzada Muhammad Anis, kepada kantor berita AFP.

Ledakan terjadi di daerah sibuk, Pasar Kissa Khawani, di Peshawar, yakni gerbang menuju daerah suku yang bermasalah dan dipengaruhi oleh kelompok Taliban dan jaringan Al Qaeda.

Ia mengatakan, diperkirakan sebuah mobil digunakan membawa bom, dan petugas penyelidik akan memberikan penjelasan mengenai penyebab ledakan setelah petugas penjinak bom selesai mengumpulkan bukti-bukti dari tempat kejadian.

Petugas keamanan kota setempat mengatakan, jika ledakan itu terjadi di dekat pos polisi, tetapi belum diketahui apakah pos polisi itu sebenarnya sasaran teroris.

Serangan Minggu adalah serangan bom yang ketiga di Peshawar dan daerah pinggirannya dalam tujuh hari terakhir ini.

Minggu pekan sebelumnya, penduduk Peshawar juga mengalami serangan bom bunuh diri di gereja yang menewaskan 82 orang, sehingga memicu protes luas secara nasional oleh kelompok masyarakat Kristen.

Masyarakat madani meminta pemerintah Pakistan memberi perlindungan yang lebih baik kepada kelompok kecil.

Pada Jumat (27/9), penduduk Peshawar juga dikejutkan bom berkekuatan besar yang mengoyak satu bus pegawai pemerintah di ujung kota itu, membawa korban 18 orang meninggal.
(Uu.M007/H-RN)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013