Armada sudah dipastikan akan tampil pada acara penutupan. Sebelumnya, grup band asal Sumsel ini juga menjadi pengisi acara pada penutupan SEA Games 2011 di Palembang,"
Palembang (ANTARA News) - Grup Band Armada menjadi pengisi acara penutupan perhelatan olahraga negara-negara Islam "Islamic Solidarity Games" di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Selasa (1/9).

"Armada sudah dipastikan akan tampil pada acara penutupan. Sebelumnya, grup band asal Sumsel ini juga menjadi pengisi acara pada penutupan SEA Games 2011 di Palembang," kata Ketua Deputi I Panitia Pelaksana Islamic Solidarity Games (InaISGOC) Sumatera Selatan Ahmad Najib di Palembang, Senin.

Ia mengemukakan bahwa acara penutupan tetap akan dibuat meriah dan menarik meskipun tidak menyamai acara pembukaan pada 22 September lalu.

"Acara penutupan tetap akan dikemas dengan baik untuk memberikan kesan kepada para tamu negara bahwa pelaksanaan ISG di Palembang berjalan dengan sukses. Sajian acara tetap menampilkan tari-tarian dengan mengedepankan nuansa Islamnya," katanya.

Sementara, Koreografer Nasional Denny Malik selaku penanggung jawab acara menyatakan konsep sajian tari dan musik tetap menyuguhkan budaya nusantara. Namun, perbedaannya terletak pada komposisi budaya Islam yang akan disuguhkan.

"Pada pembukaan menampilkan tari-tarian yang menceritakan awalnya agama Islam masuk ke Sumatera Selatan, namun pada penutupan nanti juga menyuguhkan budaya nasional Indonesia seperti tarian dari Bali dan Banyuwangi. Kemungkinan ada sekitar lima hingga enam tarian secara keseluruhan," ujarnya.

Terkait dengan jumlah penari, menurutnya terdapat pengurangan yang cukup signifikan dibandingkan acara pembukaan yakni dari 600 orang menjadi 150 orang. Para penari ini telah menjalani latihan sejak dua hari lalu di Jakarta.

Meski sederhana, Denny mengungkapkan tetap terdapat kejutan pada acara penutupan itu, meliputi rancangan musik dan kostum penari.

"Gerakan penari akan lebih dinamis dengan menggunakan pakaian yang lebih berwarna. Akan tampil juga pakaian khas Papua dan Kalimantan," ujarnya.

Sementara, ISG sendiri direncanakan ditutup oleh Wakil Presiden RI Boediono dengan dihadiri sejumlah pejabat dari negara-negara peserta.

Sebanyak 46 negara terdiri atas 1.677 orang atlet dan 599 orang ofisial terlibat dalam perhelatan olahraga multievent ini, yakni Aljazair, Azerbaijan, Brunei Darussalam, Mesir, Guyana, Indonesia, Iran, Iraq, Kuwait, Libya, Maladewa, Maroko, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Sudan, Suriah, Tajikistan, Turkmenistan, Turki, Uni Emirat Arab (UEA).

Kemudian, Uganda, Yaman, Guinea, Mauritania, Gambia, Nigeria, Yordania, Togo, Pantai Gading, Senegal, Kamerun, Monzambik, Libanon, Tunisia, Somalia, Bahrain, Jibuti, Bangladesh, Chad, Komoro, Sierra Lione, dan Mali.

(KR-DLY/F002)

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013