New York (ANTARA News) - Harga minyak sedikit menguat dari posisi terendah sepanjang hari, namun berakhir turun pada Senin (Selasa pagi WIB), di tengah kekhawatiran tentang kemungkinan penutupan pemerintah Amerika Serikat.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November di New York Mercantile Exchange merosot 54 sen menjadi 102,33 dolar AS per barel setelah sempat mencapai serendah 101,05 dolar AS per barel, lapor AFP.

Patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman November turun 26 sen menjadi 108,37 dolar AS per barel di perdagangan London.

Sebuah penutupan parsial pemerintah AS pada Senin tengah malam waktu setempat semakin dekat, karena para negosiator kongres tetap jauh dari kesepakatan kemungkinan untuk mendanai kegiatan pemerintah.

Penurunan harga ini disebabkan "persepsi bahwa penutupan pemerintah AS akan berdampak pada permintaan minyak, dan dalam proses itu memukul prospek pertumbuhan ekonomi pada kuartal terakhir 2013," ujar analis CMC Markets Michael Hewson.

Carl Larry, seorang analis pada Oil Outlooks and Opinions, menghubungkan reli pada akhir sesi terhadap optimisme bahwa AS bagaimanapun juga akan mencegah penutupan kegiatan pemerintah.

Larry juga mengutip penghentian kegiatan sejumlah kilang baru-baru ini, termasuk di Texas dan Tennessee, sebagai faktor-faktor penyebab penurunan minyak pada Senin. Pengamat pasar sekarang memperkirakan peningkatan persediaan minyak AS dalam laporan mingguan Rabu (2/10).

"Kami memiliki serentetan masalah kilang dan itu barangkali akan memungkinkan minyak mentah sedikit menumpuk karena mereka tidak menggunakan terlalu banyak," kata Larry.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013