Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Rangkaian KTT Ke-21 APEC 2013 digelar pada 1-8 Oktober 2013, di Nusa Dua, dan beberapa lokasi lain, di Bali. Inilah trivia APEC hingga saat ini.

APEC terdiri dari 21 negara di Kawasan Asia Pasifik, terdiri atas Indonesia (tuan rumah), Amerika Serikat, Kanada, Jepang, China, Selandia Baru, Jepang, Meksiko, Chile, Peru, Korea Selatan, Papua Nugini, Australia, Hongkong, dan sembilan negara lain ASEAN.

Negara-negara anggota APEC menjadi kawasan dengan populasi penduduk paling banyak di dunia, yang terbanyak China 1,36 miliar orang), Amerika Serikat (316 juta orang), dan Indonesia (237 juta jiwa).

Ke-21 negara APEC menyumbang 40 persen populasi penduduk dunia, 54 persen PDB global, dan 44 persen lalu lintas perdagangan dunia.

Pertemuan puncak yang akan dihadiri para kepala negara dan kepala pemerintahan ke-21 negara anggota APEC dilaksanakan pada 7-8 Oktober nanti.

Rusia adalah satu-satunya negara anggota APEC dari Eropa, memiliki kepentingan dengan APEC karena  memiliki garis batas laut di Pasifik Barat, dengan kota pelabuhan terbesar di Vladivostok pernah menjadi tuan rumah KTT APEC tahun lalu.

Dari semua anggota APEC, Indonesia dan Amerika Serikat adalah negara-negara yang pernah dua kali menjadi tuan rumah pertemuan puncak, lainnya baru satu kali.