Jakarta (ANTARA News) - Band Gugun Blues Shelter (GBS) meluncurkan album terbaru berjudul "Soul Shaker" yang menurut sang penabuh drum Bowie "lebih sederhana" dari album mereka sebelumnya.

"(Durasi) Lagunya enggak lama dan bagan-bagannya seperti pop lah. Cuma, tetap musik kita," kata Bowie di Jakarta, Selasa, saat menyampaikan keterangan pers tentang album ketujuh Gugun Blues Shelter.

Album itu merupakan bentuk kompromi antara keinginan GBS dengan keinginan pasar, tanpa meninggalkan ciri khas musik mereka.

Menurut Bowie, kompromi itu cukup sulit dilakukan, membuat mereka membutuhkan waktu hingga satu tahun untuk menggarapnya.

"Soul Shaker" pun tidak hanya mengusung blues. Ada sentuhan jenis musik lain seperti funk, motown, soul blues, heavy rock, dan progresif dalam lagu-lagu pada album ini.

Gugun (vokal dan gitar) menyampur blues dengan inspirasi yang dia dapat dari band rock klasik seperti ACD, Deep Purple, Van Halen, dan Led Zeppelin.

"Coba combine. Jadinya mungkin kayak Van Halen, lebih ke rhythm," jelas Gugun.

Kesepuluh lagu dalam album itu berbahasa Inggris.

Jono sang bassis berpendapat, penggunaan Bahasa Inggris dalam album ini membuat mereka dapat membawa nama Indonesia ke kancah dunia.

Gugun Blues Shelter juga berencana kembali mengadakan tur di Amerika Serikat, kali ini untuk mempromosikan album "Soul Shaker".

"Niat tahun depan ada tur ke AS. Jadi sekarang lagi cari agen, tempat untuk main," kata Gugun.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013