Gaya mereka dapat dikenali dari campuran bentuk musik tradisional Korea yang baru, yakni menggunakan alat musik tradisional, dan komposisi musiknya moderen,"
Pontianak (ANTARA News) - Grup band wanita asal Korea Selatan, V STAR, akan tampil di Asia Music Festival pada 4 dan 5 Oktober di Miri, Sarawak.

Gustino Basuan dari Dewan Pariwisata Sarawak di Pontianak, Selasa, mengatakan V STAR merupakan finalis dari ajang Korea`s Got Talent 2012.

Ia melanjutkan reputasi grup band tersebut terus menanjak di tengah tumbuhnya band anak-anak muda Korea. "Gaya mereka dapat dikenali dari campuran bentuk musik tradisional Korea yang baru, yakni menggunakan alat musik tradisional, dan komposisi musiknya moderen," kata Gustino.

V STAR terdiri dari Gwan Jihye, yang memainkan kecapi Korea, Gayageum, yang dimodifikasi menjadi 12 senar; lau Kan Keun Hwa, memainkan Janggu, yakni drum double head yang menyempit di tengahnya; Heejin Park memainkan flute Korea, Daegeum; dan Ellie Kim menyanyikan Pansori. Ellie juga pemain kedua Daegeum dan keyboard di beberapa penampilan.

Asia Music Festival akan menampilkan 15 artis Asia yang bertalenta. V STAR juga akan menggandeng Kamal Musallam, dari Timur Tengah, yang menghasilkan kombinasi musik yang indah.

Selain V STAR, Asia Music Festival juga akan menampilkan Bembol Rockers (Philippines), Anthony Dassan Yen Party Band (South India), Orkes SoesahTideor (Indonesia), Foxy Girls (Indonesia), Boy Thai Band (Thailand), Tritha (North India) dan FakhrulRazi (Brunei).

Penyanyi dan band asal Malaysia seperti Melissa Francis, Starlet Band, The Mountain Wind Band, Hevance Band dan dari Sarawak, Bob, lulusan acara program TV Malaysia, Akademi Fantasia.

Asia Music Festival merupakan gelaran musik yang pertama kali digelar tahun ini. Dewan Pariwisata Sarawak mengharapkan, Asia Music Festival akan memberi warna lain dari berbagai kegiatan serupa yang digelar sebelumnya. Seperti Rainforest World Music Festival di Kuching dan Borneo Jazz Festival di Miri.

(T011/F002)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013