... isu konektivitas kawasan akan mendukung program MP3EI kita... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Kesepakatan-kesepakatan yang nanti dihasilkan dari putaran KTT APEC 2013 di Nusa Dua, Bali, pada awal Oktober ini diharapkan bisa menunjang program-program nasional walau masih banyak pekerjaan rumah domestik menunggu.

Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Iman Pambagyo, di Nusa Dua, Bali, Selasa, berujar kepada wartawan, "Bisalah kita manfaatkan hasil-hasil APEC ini untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah kita."

"Misalnya, isu konektivitas kawasan akan mendukung program MP3EI kita," kata dia.

Kesepakatan-kesepakatan dari KTT APEC 2013, katanya, memang tidak akan membantu memecahkan masalah dalam negeri secara langsung, misalnya untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

"Tapi APEC akan menciptakan lingkungan yang baik yang nantinya dapat menunjang program-program nasional yang dapat membantu pemecahan masalah dalam negeri," katanya.

Iman menegaskan APEC tidak bisa disalahkan atas masalah-masalah dalam negeri. Pekerjaan rumah dalam negeri seharusnya diselesaikan sendiri, tanpa diekspos ke luar negeri.

"Di sini kita berbagi pengalaman, melakukan kerja sama ekonomi dan teknik untuk membangun kapasitas," katanya.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013