... jangan hanya berhenti pada 2013, tapi harus bisa terus berlanjut sampai benar-benar kita capai... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Indonesia mengusung 20 usulan strategis pada putaran KTT APEC 2013, di Nusa Dua, Bali, pada 1--8 Oktober ini; dan seluruhnya didukung semua anggota APEC.

"Dari 20 gagasan yang diajukan oleh Indonesia dalam forum APEC 2013, sepenuhnya mendapatkan dukungan, namun masih ada beberapa gagasan yang memerlukan sedikit penyesuaian," kata Ketua Pertemuan Pejabat Senior APEC 2013, Yuri Thamrin, di sela-sela kegiatan APEC 2013, Rabu.

Langkah selanjutnya, gagasan-gagasan ini akan dibahas pada tingkat menteri APEC (APEC Ministerial Meeting/AMM) pada 4-5 Oktober 2013. KTT APEC 2013 kali ini dinyatakan Indonesia menjadi arena "mengingatkan" APEC pada cita-cita Bogor Goals 1994. 

Gagasan Indonesia yang telah disepakati, di antaranya upaya mendorong perdagangan dan investasi yang terbuka di kawasan, memastikan pertumbuhan berkelanjutan yang setara bagi seluruh lapisan masyarakat, dan mempromosikan inisiatif konektivitas serta pembangunan dan investasi infrastruktur.

Beberapa gagasan konkret Indonesia antara lain memastikan pasar internasional terus terbuka untuk ekspor Indonesia, memajukan peran perempuan, usaha kecil menengah, nelayan dan petani dalam pembangunan ekonomi, meningkatkan hubungan antar manusia melalui pendidikan lintas batas serta meningkatkan kesiaptanggapan bencana di kawasan.

"Gagasan ini jangan hanya berhenti pada 2013, tapi harus bisa terus berlanjut sampai benar-benar kita capai tujuan-tujuan pembangunan nasional kita," tambah Thamrin.

Pertemuan AMM akan dipimpin Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, dan Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, dan akan dihadiri sejumlah menteri luar negeri dan perdagangan anggota APEC lainnya.

APEC yang didirikan pada 1989 adalah forum kerja sama ekonomi di lingkar Pasifik dengan 21 anggota ekonomi yang terdiri atas Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, China, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Republik Korea, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Papua Nugini, Peru, Filipina, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, dan Viet Nahm. 

Pewarta: Ageng Wibowo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013